kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Elektabilitas PSI tertinggi di antara partai politik pendatang baru​


Senin, 25 Maret 2019 / 16:24 WIB
Elektabilitas PSI tertinggi di antara partai politik pendatang baru​


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Survei terbaru Charta Politika 1-9 Maret 2019 menunjukkan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebagai partai politik pendatang baru dengan elektabilitas tertinggi.

Survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Jumlah sampel sebanyak 2000 responden yang tersebar di 34 provinsi.

Survei menggunakan metode acak bertingkat dengan margin of error plus minus 2,19% pada tingkat kepercayaan 95%. Hasilnya, PSI adalah parpol baru yang paling banyak dipilih responden dengan elektabilitas 1,4%. Partai Perindo menyusul di bawahnya dengan 1,3%.

Adapun dua partai lainnya, yakni Berkarya dan Garuda memiliki elektabilitas di bawah 1%. Partai Berkarya hanya dipilih oleh 0,4% responden, sementara Partai Garuda 0,2%.

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya menilai, PSI menjadi parpol baru dengan elektabilitas tertinggi karena berani menampilkan gagasan-gagasan yang berbeda dibandingkan partai lain. Misalnya, dengan melakukan seleksi caleg secara terbuka, menolak praktik poligami hingga menolak perda syariah.

Menurut Yunarto, strategi ini membuat PSI lebih tampil di publik ketimbang partai lainnya. "Yang dilakukan Grace Natalie (Ketua Umum PSI) dan teman-teman sudah benar. Mereka sudah berhasil bikin efek kejut, mereka sudah berhasil membangun awareness," kata Yunarto saat merilis hasil surveinya di Jakarta, Senin (25/3).

Yunarto juga menilai strategi kampanye lewat media sosial yang dilakukan PSI cukup efektif untuk menggaet suara anak muda di perkotaan. Kendati demikian, jika ingin melewati ambang batas parlemen sebesar 4%, Yunarto menilai, PSI juga harus menggencarkan serangan darat dan kampanye di pedesaan.

"Jangan sampai juga hanya pemilih di kota yang didekati oleh pendekatan isu atau media, tetapi balik lagi pertarungan di level nasional mendekati 4% harus dilakukan merata di level kota maupun desa. Itu yang masih kurang menurut saya dari PSI," ucap Yunarto. (Ihsanuddin)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Survei Charta Politika: Elektabilitas PSI Tertinggi di Antara Parpol Baru", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×