kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekonom: Menaikkan BBM untuk redam gejolak rupiah justru picu masalah baru


Rabu, 05 September 2018 / 19:55 WIB
Ekonom: Menaikkan BBM untuk redam gejolak rupiah justru picu masalah baru
ILUSTRASI. Aktifitas Petugas di Salah Satu SPBU


Reporter: Petrus Dabu | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lana Soelistianingsih, Chief Economist PT Samuel Sekuritas Indonesia Tbk berpendapat menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk meredam gejolak rupiah saat ini sama saja menciptakan masalah baru. Kenaikan harga BBM menurutnya akan memicu inflasi karena harga-harga barang akan naik.

Menurut Lana yang juga ekonom di Universitas Indonesia, menaikan harga BBM belum tentu juga bisa menahan pelemahan rupiah. Sebab, pelemahan rupiah saat ini terjadi karena faktor eksternal.

“Karena faktor eksternalnya juga kuat mengganggu. Nah itu nggak bisa kita kontrol, faktor eksternal . Jadi, jangan mengambil masalah terlalu banyak maksud saya. Fokus saja pada satu masalah rupiah, beresin dulu ini. Nggak usah bikin masalah lain yang nggak perlu. BBM dinaikkan, inflasi naik. Nggak perlu itu,” ujarnya.

Menurut Lana, kalau pun BBM naik, kewenangan pemerintah saat ini hanya untuk solar. Dan solar banyak digunakan oleh truk-truk, termasuk untuk pembangkit listrik. Sedangkan, Pertalite dan Pertamax sepenuhnya tergantung kebijakan Pertamina.

Untuk mengatasi gejolak rupiah yang terjadi saat ini, menurut dia, dalam jangka pendek memang tidak mudah. Tetapi pemerintah bisa fokus pada kebijakan mengembalikan Devisa Hasil Ekspor (DHE) yang masih disimpan di luar negeri.

Reward and punishment bisa diterapkan oleh pak Jokowi. Kalau nggak dibawa masuk punishment-nya apa. Reward misalnya pakai tax allowance, misalnya dimasukkan dalam kategori perusahaan-perusahaan yang bisa menerima keringanan pajak,” ujarnya, Rabu (5/9).

Upaya lain dari pemerintah, menurut Lana adalah mengurangi impor di antaranya impor BBM. “Supaya nggak impor BBM, sambil menunggu LRT, MRT-nya jalan bisa nggak teman-teman pakai transportasi publik yang ada sekarang? Itu salah satu yang bisa mengurangi (impor BBM). (kebijakan) B20 juga bisa (mengurangi impor BBM). Impor dikurangi, untuk ekspor, DHE- nya diminta masuk. Tolong jangan naikin BBM karena itu akan menambah masalah,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×