kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dua WNI kru kapal Diamond Princess sembuh dari virus corona dan segera dipulangkan


Kamis, 05 Maret 2020 / 06:54 WIB
Dua WNI kru kapal Diamond Princess sembuh dari virus corona dan segera dipulangkan
ILUSTRASI. WNI kru kapal pesiar Diamond Princess yang dinyatakan negatif virus corona tiba di Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Senin (2/3/2020) dini hari. Pemerintah mengevakuasi 69 WNI kru kapal pesiar Diamond Princess dari Yokohama, Jepang dan


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengatakan, dua dari sembilan warga negara Indonesia (WNI) kru kapal Diamond Princess telah dinyatakan sembuh dari virus corona (Covid-19). Hal ini disampaikan Yurianto dalam acara Satu Meja bertajuk Perang Melawan Virus Corona di Kompas TV, (4/3).

Yurianto mengatakan, dua WNI yang dinyatakan sembuh itu sudah bisa dipulangkan ke Tanah Air. "ABK Diamond Princess terakhir kita dapatkan sembilan yang positif (corona), satu sudah boleh pulang, dan dijemput bersama kelompok yang besar kemudian, hari ini saya sudah mendengar lagi, satu lagi sudah keluar dari rumah sakit sementara masih di hotel menunggu penerbangan besok," kata Yurianto.

Baca Juga: Virus corona sudah menjangkiti 77 negara di luar China, ini daftarnya

Yurianto mengatakan, kondisi kru kapal Diamond Princess yang terjangkit virus corona dalam keadaan baik. Menurut dia, dalam waktu dekat ada dua WNI yang akan diperiksa untuk kedua kalinya guna memastikan sembuh dari virus corona. "Kemudian ada dua yang jadwalnya akan diperiksa untuk yang kedua kalinya. Mudah-mudahan sudah bagus sehingga sudah bisa pulang," ujar dia.

Yurianto menambahkan, pasien virus corona dinyatakan sembuh apabila sudah diperiksa dua kali dalam durasi waktu lima hari dan dua hari. "Lima hari, kemudian dua hari setelah itu," kata dia.

Baca Juga: Sampel darah 188 ABK World Dream sudah lengkap

Diberitakan sebelumnya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan, sembilan warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) Diamond Princess dirawat dengan baik oleh otoritas Jepang. Dari sembilan WNI itu, lima orang di antaranya dirawat di rumahsakit, sedangkan empat orang sisanya masih di kapal.  

"Sembilan WNI dirawat baik oleh Jepang. Sembilan itu baru demam-demam, buat saya mereka dirawat dengan baik dan dalam kondisi yang tidak berat," ujar Terawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (25/2).

Baca Juga: Hasil tes virus corona terhadap 67 WNI kru kapal pesiar Diamond Princess negatif

"RS yang merawat kelasnya Jepang lho, bukan kelasnya kita. Artinya Jepang otomatis nek ngerawat bagus," kata dia. Sementara itu, pemerintah telah mengevakuasi 69 WNI di Kapal Diamond Princess yang menjadi epicentrum baru penyebaran virus corona. Mereka dievakuasi pada Minggu (1/3). Kapal tersebut bersandar di Yokohama, Jepang. Pasca-evakuasi, mereka diobservasi selama 14 hari di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu. (Haryanti Puspa Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Dua WNI Kru Kapal Diamond Princess Sembuh dari Virus Corona dan Segera Dipulangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×