kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,53   -6,82   -0.73%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dorong pariwisata, BUMN dan swasta inisiasi gerakan Indonesia Destinasiku


Kamis, 12 Maret 2020 / 17:28 WIB
Dorong pariwisata, BUMN dan swasta inisiasi gerakan Indonesia Destinasiku
ILUSTRASI. Sejumlah wisatawan melihat-lihat suvenir khas Lombok yang dijual di terminal kedatangan Pelabuhan Gili Mas, Kecamatan Lembar, Lombok Barat, NTB, Selasa (10/3/2020).


Reporter: Khomarul Hidayat | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Merebaknya penyebaran virus corona (COVID-19) menjadi tantangan nyata pada saat ini di industri pariwisata Indonesia dan berbagai industri yang berhubungan dengan pariwisata serta para pelaku usaha termasuk UMKM.

Menyikapi tantangan tersebut, Indonesia Destinasiku yang merupakan suatu gerakan nasional yang diinisiasi dan dimotori sejumlah perusahaan swasta dan BUMN tertentu dalam bentuk Indonesia Incorporated, meencoba menghidupkan industri pariwisata Indonesia.

Gerakan nasional ini merupakan suatu kerjasama antara Plataran, BNI, BCA, Garuda Indonesia, Yayasan Puteri Indonesia dan Mustika Ratu. Gerakan ini akan menggarisbawahi bahwa domestic market adalah safety net Indonesia dalam menghadapi efek negatif tantangan diatas terhadap pertumbuhan perekonomian.

Indonesia Destinasiku merupakan paket liburan yang berbeda dan memiliki diferesiansi dengan paket-paket liburan sejenis yang pernah diluncurkan sebelumnya. Sebab Indonesia Destinasiku  menitikberatkan pada seamless, convenience, added value dan sekaligus national movement support pada Indonesia dalam menghadapi tantangan di atas.

Dalam keterangan tertulis, Kamis (12/3) disebutkan beberapa keuntungan dari paket Indonesia Destinasiku adalah antara lain:

  • Menggabungkan aspek penerbangan, akomodasi, aktivitas eksotisme Indonesia dalam satu paket dengan berbagai pilihan
  • Proses reservasi satu pintu
  • Diskon signifikan atas tiket pesawat, akomodasi, paket eksotisme, dan added value benefits
  • Pembayaran paket cicilan 0% sampai dengan 12 bulan
  • Loyalty program benefits
  • Masa booking dari Maret sampai Juni 2020 untuk harga diskon tetap dan masa penggunaan yang dapat digunakan sampai dengan Februari 2021.     

Sebagai salah satu BUMN, BNI sejak awal konsisten mendorong sektor pariwisata khususnya wisata domestik untuk terus tumbuh, selaras dengan arahan pemerintah.
Setiap tahunnya, BNI terus berusaha memberikan benefit bagi masyarakat Indonesia dan nasabah BNI khususnya melalui event Travel Fair seperti Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) sejak tahun 2013 – 2017.

"Serta mengangkat program Ayo Liburan untuk mengeksplor keindahan alam dan destinasi wisata lokal di Labuan Bajo, Raja Ampat, Belitung, Banyuwangi, Padang dan lainnya," kata Anggoro Eko Cahyo, Wakil Direktur Utama BNI.

Di program Indonesia Destinasiku, BNI juga memberikan benefit bagi pemegang kartu kredit dan debit world emerald berupa cashback hingga Rp 3 juta dan cicilan 0% hingga 12 bulan.

BCA juga berupaya memberikan service excellence di berbagai sektor, termasuk pariwisata, dengan menawarkan berbagai promo menarik bagi pemegang Kartu Kredit BCA.

“Kami mencermati gerakan Indonesia Destinasiku sejalan dengan upaya BCA dalam meningkatkan perekonomian bangsa melalui industri pariwisata,” kata Santoso, Direktur BCA.

Keikutsertaan Garuda Indonesia melengkapi aspek transportasi airline. "Sebagai national flag carrier, Garuda Indonesia berkomitmen untuk senantiasa berperan aktif mendukung perkembangan sektor pariwisata nasional melalui berbagai keunggulan produk dan layanannya,” tutur Ade R. Susardi, Direktur Layanan Pengembangan Usaha dan Teknologi Informasi Garuda Indonesia.

Melalui program kolaborasi bersama ini, Garuda Indonesia memberikan potongan harga 40% untuk rute-rute penerbangan destinasi wisata unggulan.

Seperti rute Jakarta-Denpasar pp; Jakarta-Labuan Bajo pp; Jakarta-Jogjakarta pp; Jakarta-Kulonprogo pp; Jakarta-Malang pp; Jakarta-Banyuwangi pp; Denpasar-Surabaya pp; Denpasar-Jogja pp; Denpasar-Labuan Bajo pp; Jakarta-Semarang pp; Jakarta-Medan pp; dan Jakarta-Makassar pp.

Potongan harga tersebut dapat di akses dengan pembelian paket melalui Plataran atau Garuda Indonesia Holiday selama periode 12 Maret - 30 Juni 2020 untuk penerbangan hingga 28 Februari 2021.

Selain potongan harga tiket, melalui program ini Garuda Indonesia juga menghadirkan added value lainnya berupa tambahan 500 miles untuk pendaftaran baru anggota GarudaMiles.

Selain itu, bekerja sama dengan BCA dan BNI, bagi pengguna jasa yang membeli tiket dengan menggunakan kartu kredit bank partner tersebut akan mendapatkan penawaran khusus akses Business Lounge Garuda Indonesia.

Keikutsertaaan Mustika Ratu pada program ini, turut menambah value yang didapatkan oleh konsumen. Mustika Ratu dengan memberikan paket-paket dengan harga spesial, yang konsumen bisa dapatkan pada setiap pembelian paket Indonesia Destinasiku yakni “Fit and Fun” yang akan memberikan jamu experience sebagai minuman herbal dan berkhasiat asli dari Indonesia.

Juga paket “Protected and Refreshed” dari Mustika Ratu yang menghadirkan perawatan tubuh dari dari kepala hingga ujung kaki, serta “Royal Tea Package” yang akan memberikan sensasi meminum teh yang nikmat dan berkhasiat, yang semuanya dihadirkan dengan ramuan natural dengan Royal Heritage Recipes.

Tidak ketinggalan voucher potongan khusus untuk menikmati royal-like treatment dari Taman Sari Royal Heritage Spa.

Sedangkan Plataran adalah the True Indonesian Icon. Suatu perusahaan hospitality Indonesia yang mendapat pengakuan internasional dan domestik sebagai suatu luxury brand dan memiliki visi "For Indonesia and Indonesians" serta merupakan salah satu simpul axis penting dalam program Indonesia Destinasiku. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×