kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ditjen Pemasyarakatan akan rilis sistem pengurusan remisi online akhir April


Jumat, 13 April 2018 / 17:40 WIB
Ditjen Pemasyarakatan akan rilis sistem pengurusan remisi online akhir April
ILUSTRASI. Menkumham Yasonna Laoly


Sumber: TribunNews.com | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) akan segera meluncurkan sistem pengajuan remisi, pembebasan bersyarat dan asimilasi secara online.

Rencananya sistem tersebut akan diluncurkan di hari terakhir dari rangkaian acara Hari Bakti Pemasyarakatan pada tanggal 27 April 2018.

Hari Bakti Pemasyarakatan ke-54 diselenggarakan sejak 3 April sampai 27 April 2018.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly usai pembukaan Pekan Olahraga Dalam Rangka Hari Bakti Ditjen PAS ke-54 di kantor Ditjen PAS Kemkumham, Jakarta Pusat, Jumat (13/4).

"Tahun ini juga nanti di Hari Bakti Pemasyarakatan kita akan melaunch remisi dan PB (Pembebasan Bersyarat) online yang memangkas administrasi remisi, PB, asimilasi dan lain-lain," kata Yasonna.

Yasonna menerangkan, jika sistem pengurusan online tersebut sudah aktif maka para narapidana akan bisa mengetahui hak-haknya lewat sistem tersebut.

Dengan sistem online menurut Yasonna para narapidana akan dapat mengurus remisi hanya selama 12 hari saja yang biasanya bisa berbulan-bulan.

"Total yang berbulan-bulan selama ini secara cepat hanya 12 hari dan setiap narapidana akan mengetahui hak-haknya dalam sistem kita nanti data akan termuat. Jadi seorang napi akan bisa mengakses berapa tahun dia, apa haknya, remisi berapa dan kapan diprediksi dia dapat memperoleh PB dan lain-lain," kata Yasonna.

Sekretaris Ditjen PAS, Sri Puguh Budi Utami mengatakan sejauh ini masih ditemukan kendala seperti kualitas sinyal yang naik turun dalam proses pengunggahan data para narapidana.

"Masih ada kendala sampai sekarang, terkait dengan adanya sinyal yang up and down. Itu mengganggu pada saat upload data dan seterusnya," kata Utami.

Meski begitu, Utami mengatakan kini pihaknya telah bekerjasama dengan beberapa vendor untuk mengatasi hal tersebut.

"Tapi itu kita sedang bekerja sama dengan beberapa vendor, mudah-mudahan ini bisa teratasi," kata Utami. (Gita Irawan)


Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com berjudul : April 2018, Ditjen PAS Akan Launching Sistem Pengurusan Remisi Online 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×