kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Data DHE terintegrasi, pemerintah lebih mudah beri insentif bagi eksportir yang patuh


Jumat, 27 Desember 2019 / 15:06 WIB
Data DHE terintegrasi, pemerintah lebih mudah beri insentif bagi eksportir yang patuh


Reporter: Grace Olivia | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia (BI) akan mengimplementasikan Sistem informasi Monitoring Devisa terIntegrasi Seketika (SiMoDIS) per 1 Januari 2020. 

SiMoDIS merupakan sistem pengelolaan data dan informasi, serta sistem monitoring kepatuhan dan pemantauan devisa hasil ekspor impor dari kepabenan dan arus uang keluar dan masuk secara seketika (real-time) antara Kemenkeu dan BI. 

Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti mengatakan,  penerapan sistem SiMoDIS ini tak hanya membantu pemerintah dan BI dalam mengolah data dan memantau kepatuhan terkait ekspor impor dan devisa, tetapi juga menguntungkan bagi para pengusaha pelaku ekspor maupun impor. 

"Dari sisi pelapor, baik eksportir, importir maupun perbankan, SiMoDIS meningkatkan efisiensi pelaporan karena mengurangi beban pelaporan dan memberikan umpan balik informasi secara cepat dan online,” kata Destry, Jumat (27/12).

Baca Juga: Integrasi SiMoDIS, BI bisa terima data DHE lebih cepat

Destry juga menegaskan, kebijakan BI dan pemerintah mewajibkan pelaporan devisa hasil ekspor (DHE) dan menempatkannya di dalam negeri bukan bentuk upaya pengontrolan devisa.  

Hanya saja, data dan informasi terkait DHE tersebut sangat potensial untuk dimanfaatkan secara produktif sehingga dapat berguna bagi pemerintah, BI, dan pelaku usaha. 

Di sisi kepabeanan, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi menambahkan,  SiMoDIS memberikan informasi yang lengkap tentang nilai ekspor dan nilai impor yang sesungguhnya, berdasarkan nilai Devisa Hasil Ekspor (DHE) dan Devisa Pembayaran Impor (DPI).

Bagi DJBC, hasil dari rekonsiliasi data tersebut dapat digunakan sebagai salah satu indikator untuk penyusunan profiling kepatuhan pengusaha. Pengusaha yang masuk golongan patuh, kata Heru, akan diberikan status atau profil yang lebih baik dan tinggi daripada pengguna yang dianggap tidak patuh.

Status tersebut, lanjutnya, juga akan menentukan aspek pelayanan dan penjaluran oleh pihak kepabeanan dalam proses ekspor maupun impor. 

“Kita akan berikan clearance ekspor impor yang lebih cepat untuk pengusaha yang patuh, dan sebaliknya kita akan lakukan verifikasi lebih dalam bahkan pemeriksaan fisik atau jalur merah untuk pengusaha yang tidak patuh,” tutur Heru, Jumat (27/12). 




TERBARU

[X]
×