kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45937,81   9,46   1.02%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Chatib Basri: Orang kaya alihkan belanja ke sepeda hingga tanaman hias saat pandemi


Kamis, 03 Desember 2020 / 04:31 WIB
Chatib Basri: Orang kaya alihkan belanja ke sepeda hingga tanaman hias saat pandemi
ILUSTRASI. Chatib Basri mengatakan, sepanjang pandemi, terjadi perubahan pola konsumsi masyarakat berpendapatan tinggi atau kelompok kelas atas. Kompas/Priyombodo (PRI)


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sepanjang pandemi, terjadi perubahan pola konsumsi masyarakat berpendapatan tinggi atau kelompok kelas atas. Kelompok tersebut mengalihkan belanjanya pada kebutuhan hobi, seperti sepeda hingga tanaman hias. Menurut Ekonom Chatib Basri, kondisi ini seiring dengan terjadinya penurunan mobilitas karena sebagian besar aktivitas dilakukan di rumah. 

"Jadi kelompok atas mengubah konsumsinya, mengurangi belanja non-esensial, kemudian mengalihkan ke sepeda, atau membeli tanaman dan ikan hias, karena WFH maka perlu ada aktivitas yang dilakukan," ujar mantan menteri keuangan itu dalam webinar mengenai perekonomian pasca Covid-19, Rabu (2/12/2020). 

Chatib yang juga menjabat sebagai Komisaris Utama Bank Mandiri menjelaskan, berdasarkan riset yang dilakukan bank pelat merah tersebut, pengeluaran masyarakat untuk kategori hobi meningkat signifikan sepanjang Juni-September 2020. Padahal pada awal tahun, pengeluaran kategori ini berada di bawah belanja kategori elektronik dan bahan bakar kendaraan (gasolines). Namun kini, belanja kategori hobi berada di atas kedua kategori tersebut. 

Sementara belanja untuk kategori barang-barang olahraga memang sedari awal tahun lebih rendah kategori lainnya. Penurun belanja paling tajam di kategori ini terjadi pada April 2020. Riset Bank Mandiri mencatat belanja untuk barang-barang hobi memiliki porsi 94,8%, bahan bakar kendaraan 91,4%, barang elektronik 87,2%, dan barang-barang olahraga 71,5%. 

Baca Juga: Chatib Basri ramal di tahun depan masyarakat masih perlu terapkan protokol kesehatan

Kendati adanya peralihan belanja, kata Chatib, konsumsi masyarakat kelas atas masih di bawah dari masyarakat berpenghasilan rendah atau kelas bawah. Dari kondisi normal atau dengan skala 100%, belanja masyarakat kelas bawah turun menjadi 84% saat pandemi. Sementara kelas atas dari kondisi normal turun menjadi 70%. Artinya penurunan belanja lebih dalam memang terjadi di masyarakat kelas atas. 

"Menariknya adalah yang belanja itu kelompok bawah, yang kaya itu enggak belanja karena dia kurangi konsumsi non-esensialnya," kata Chatib.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Chatib Basri: Saat Pandemi, Orang Kaya Alihkan Belanja ke Sepeda hingga Tanaman Hias"
Penulis : Yohana Artha Uly
Editor : Erlangga Djumena

Selanjutnya: Chatib Basri: Ekonomi Indonesia akan kembali ke zona positif pada kuartal I 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×