kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Calon Rektor UI Budi Wiweko punya obat untuk atasi intoleransi di UI


Jumat, 20 September 2019 / 17:57 WIB
Calon Rektor UI Budi Wiweko punya obat untuk atasi intoleransi di UI
ILUSTRASI. Calon Rektor UI 2019-2024, Prof.Dr.dr. Budi Wiweko, SpOG (K), MPH


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Paham radikalisme dan intoleransi menjadi tantangan bangsa Indonesia. Bibit-bibit paham radikalisme dan intoleransi ini bahkan sudah mulai tertanam saat mahasiswa.

Oleh karena itu diperlukan formula yang jitu untuk menangkal paham ini. Selain itu juga meningkatkan kesadaran mahasiswa akan rasa cinta berbangsa, berbudaya, dan tanah air Indonesia. 

Baca Juga: Ini 20 nama calon Rektor Universitas Indonesia (UI)

Hal ini yang menjadi perhatian salah satu dari 3 kandidat Calon Rektor UI 2019-2024, Prof.Dr.dr. Budi Wiweko, SpOG (K), MPH.  Profesor yang akrab dipanggil Iko ini memiliki formula yang jitu untuk menangkal paham radikalisme dan intoleransi ini. 

Dalam paparan calon Rektor di depan para pakar dan MWA UI Kamis (19/9/2019), Iko, sapaan akrabnya, menawarkan mata kuliah ALIVE Project untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa akan rasa cinta berbangsa, berbudaya dan tanah air Indonesia. 

"Nanti mahasiswa kita ajarkan mata kuliah terkait sejarah penyebaran agama, budaya bangsa, nilai nilai 4 konsensus dasar bangsa melalui seni budaya dan olahraga, serta inspirasi-inspirasi dari Diaspora untuk membentuk karakter mahasiswa UI sebagai calon pemimpin bangsa "ujarnya. 

Dalam paparannya Iko juga menjelaskan ALIVE merupakan kepanjangan dari Art, Leadership, Innovative, Value Creation dan Empathy, sehingga diharapkan mahasiswa UI ke depan akan menjadi mahasiswa yang unggul, berkarakter pemimpin, inklusif, dan mencintai budaya Indonesia. 

"ALIVE Project akan dimulai dari semester awal dan nanti mahasiswa akan kita beri tugas untuk pertunjukan seni budaya yang akan memperebutkan Piala Rektor," kata dosen Fakultas Kedokteran UI ini.

Baca Juga: Faisal Basri, Ekonom UI: Infrastruktur muluskan penetrasi barang impor

Iko yang menawarkan tagline UI sebagai Inspirasi Indonesia menjelaskan bahwa diharapkan dari program yang inovatif ini, bibit bibit paham radikalisme dan intoleransi pada mahasiswa akan berkurang dan muncul rasa bangga terhadap NKRI.

Inovasi UI ALIVE Project ini juga merupakan bagian dari pengembangan kemampuan soft skill mahasiswa yang sangat diperlukan bagi calon pemimpin bangsa ini ke depan. Sekadar info, Iko saat ini menjabat Ketua Komisi Penelitian Dewan Guru Besar FK UI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×