kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Buruh menyoroti sejumlah poin ini untuk ajukan uji materi UU Cipta Kerja ke MK


Senin, 02 November 2020 / 20:04 WIB
Buruh menyoroti sejumlah poin ini untuk ajukan uji materi UU Cipta Kerja ke MK
ILUSTRASI. Buruh menyoroti sejumlah poin ini untuk ajukan uji materi UU Cipta Kerja ke MK.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Buntut dari penolakan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja terutama klaster ketenagakerjaan dari para buruh dan pekerja, ialah akan dilayangkannya uji materi atau judicial review ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Sekjen Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI), Timboel Siregar menyebut kini pihaknya sedang mempersiapkan untuk langkah tersebut.

“Kami masih menunggu nomor UU Cipta Kerja. Setelah itu kami akan ajukan JR (judicial review). Saat ini kami masih mempersiapkan JR tersebut,” kata Timboel saat dihubungi Kontan.co.id pada Senin (2/11).

Terkait dengan poin yang akan jadi fokus dalam judicial review ke MK dari OPSI masih sama. Timboel menerangkan pengupahan dan pesangon menjadi salah satu isu yang krusial dalam omnibus law Cipta Kerja klaster ketenagakerjaan.

Baca Juga: Bank Tanah bisa jadi jalan pintas bagi Badan Usaha Swasta mendapat tanah murah

Selain itu, adapula poin terkait outsourcing dan pekerja kontrak kerja yang dinilai semakin diperluas. “Poin yang disoroti masih sama,” kata Timboel.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Departemen Komunikasi dan Media Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Kahar S. Cahyono. Kahar menyampaikan bahwa judicial review ke MK belum diajukan dan masih menunggu penomoran dari UU Cipta Kerja.

Sama seperti OPSI, Kahar mengatakan bahwa poin yang masih jadi tuntutan masih sama dengan sebelumnya. Diantaranya terkait pesangon, pengupahan, outsourching, PHK, perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT).

Adapun pada hari ini, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andy Gani Nena Wea bersama Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyatakan sikap terkait dengan UU Cipta Kerja.

Baca Juga: Usai libur panjang, tercatat 113.112 warga gunakan KRL pada Senin pagi

Keduanya mewakili buruh dan pekerja meminta Mahkamah Konstitusi diantaranya, pertama, dalam memeriksa, mengadili, dan memutus perkara pengujian Undang-Undang Cipta Kerja, melandasi diri pada keyakinan terhadap hati Nurani.

Kedua, meminta MK untuk memeriksa, mengadili, dan memutus perkara pengujian Undang-Undang Cipta Kerja, tidak sekedar berorientasi pada kebenaran yang bersifat formalistik.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×