kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bukalapak akan laporkan penipuan alkes ke Polisi


Rabu, 01 April 2020 / 16:45 WIB
Bukalapak akan laporkan penipuan alkes ke Polisi
ILUSTRASI. Bukalapak bekerjasama dengan POLRI untuk mengusut dan menindak oknum pelaku penipuan dan penimbun alat kesehatan . KONTAN/BAihaki/24/10/2018


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bukalapak bekerjasama dengan POLRI untuk mengusut dan menindak oknum pelaku penipuan dan penimbun alat kesehatan yang sangat merugikan masyarakat.

Bukalapak tidak akan menoleransi segala bentuk penipuan, penyalahgunaan dan pelanggaran di platform, di tengah-tengah berkembangnya pandemi COVID-19 dan makin banyaknya masyarakat yang membutuhkan berbagai alat kesehatan. 

Baca Juga: Begini kinerja operasional Bukalapak di tengah pandemi covid-19

CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin, menegaskan, “Kami telah menutup ribuan akun pelapak yang memanfaatkan situasi pandemi ini untuk meraup keuntungan dengan menaikkan harga secara tidak wajar, menjual barang dengan deskripsi yang tidak sesuai, serta memperjual-belikan alat kesehatan yang tidak sesuai aturan BPOM dan Kemenkes. Apabila melanggar hukum, pasti akan kami tindak,” katanya dalam siaran pers, Rabu (1/4).

Setiap bentuk penipuan online, penimbun alat kesehatan dan penjual rapid test sangat merugikan masyarakat sehingga akan segera dilaporkan ke pihak yang berwajib (POLRI) untuk dilakukan penindakan sesuai dengan aturan hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

Modus penipuan beragam, termasuk melalui pengiriman barang bodong dan juga melalui phishingPhishing adalah salah satu metode andalan penipu di tengah timbulnya permintaan tinggi dan kepanikan masyarakat untuk mencari alat kesehatan. 

Baca Juga: Kurangi resiko saat wabah corona, e-commerce lakukan pemblokiran akun nakal

Melalui phishing, seorang penipu meminta target untuk memberikan data-data penting di tautan yang tidak resmi dengan berbagai alasan, yang berujung peretasan. 

Kerjasama antara Bukalapak dengan POLRI untuk pengusutan dan penindakan diharapkan akan membuat masyarakat yang sedang bekerja, belajar dan beribadah di rumah tetap bisa memperoleh alat kesehatan dan kebutuhan sehari-hari di Bukalapak dengan aman, nyaman dan terjangkau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×