kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BMKG ingatkan warga waspada hujan lebat disertai angin dan kilat


Selasa, 04 Desember 2018 / 17:18 WIB
BMKG ingatkan warga waspada hujan lebat disertai angin dan kilat
ILUSTRASI. BMKG - ilustrasi ramalan cuaca - siklon Cempaka


Reporter: TribunNews | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap hujan disertai angin, kilat, dan petir di sebagian wilayah Indonesia pada hari ini Selasa (4/12) hingga Rabu (5/12/2018) besok.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) BMKG Indonesia, Hary Djatmiko mengatakan, hujan lebat diprediksi akan mengguyur Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Lampung, Banten, Bali, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Maluku, dan Papua Barat.

Sementara wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat pada 4 Desember 2018 di antaranya: Aceh, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Bengkulu, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur

"Kemudian NTB, NTT, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dan Papua," kata dia dalam keterangan resmi yang diterima Tribunnews.com, Selasa (4/12).

Untuk Rabu (5/12) BMKG memprediksi daerah yang mengalami hujan lebat yaitu Jambi, Riau, Lampung, Yogyakarta, Bali, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Maluku.

Selanjutnya, wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat atau petir di hari yang sama adalah Aceh, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Bengkulu, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, NTT, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dan Papua.

"Peningkatan curah hujan hingga tiga hari ke depan disebabkan akibat massa udara lapisan rendah terkonsentrasi di sebagian besar Sumatra, sebagian besar Jawa, Bali, NTB, Kalimantan bagian Barat, Tengah, Timur dan Selatan, Sulawesi bagian Tenggara, Barat dan Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua," jelas Harry.

Kemudian daerah dengan indeks labilitas atmosfer sedang atau kuat yaitu di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Jawa Timur, Bali, Kalimantan bagian Barat dan Tengah, Sulawesi Bagian Barat dan Tengah, dan Papua.

"BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin," katanya. (Ria anatasia)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "BMKG Ingatkan Warga Waspada Hujan Lebat Disertai Angin dan Kilat"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×