kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BKPM targetkan realisasi investasi tahun ini Rp 730 triliun


Selasa, 30 Oktober 2018 / 19:08 WIB
BKPM targetkan realisasi investasi tahun ini Rp 730 triliun


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menargetkan realisasi investasi penanaman modal dalam negeri (PMDN) dan penanaman modal asing (PMA) di tahun ini bisa mencapai Rp 730 triliun.

Kepala BKPM Thomas Lembong mengakui, awalnya target penanaman modal tahun 2018 yang ditetapkan dalam rencana strategi (renstra) BKPM 2018 sebesar Rp 765 triliun. Namun, BKPM sudah menginformasikan ke Menteri Keuangan dan Menteri Bappenas bahwa target tersebut harus diubah.

"Kami memprediksi, dengan tidak adanya terobosan berarti tidak mungkin kita bisa mempertahankan pertumbuhan investasi sebagaimana yang diharapkan," kata Thomas, Selasa (30/10).

Thomas menjelaskan, untuk bisa meningkatkan investasi yang signifikan di Indonesia, dibutuhkan regulasi pro investasi yang kuat. "Menurut saya, sudah sangat mendesak untuk menerbitkan atau mengeluarkan kebijakan dan terobosan atau kebijakan yang nendang. Konsekuensinya untuk jangka pendek yaitu triwulan IV 2018 dan triwulan I 2019. Kadang- kadang bibit yang kita tanam sekarang baru 12 bulan kemudian dipanen," jelas Thomas.

Ia mencontohkan, pelaksanaan tax amnesty di tahun 2016 bisa mendorong investasi hingga 2017. Sayangnya, saat ini tidak ada kebijakan lain yang bisa mendorong investasi secara signifikan. Karena itu, BKPM pun mendorong supaya kebijakan tax holiday yang sudah ada pun bisa diperluas, sehingga bisa menjangkau sektor lain.

Selain tax holiday, Thomas mengatakan, revisi daftar negatif investasi pun diharapkan dapat mendongkrak investasi. Kata Thomas, pihaknya tengah mengumpulkan berbagai usul dari asosiasi-asosiasi.

Plt. Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM Farah Ratnadewi mengatakan, berbagai terobosan kebijakan baru memang diharapkan dapat segera diluncurkan sehingga target yang ditetapkan tahun ini dapat tercapai. Menurut Farah, saat ini perluasan tax holiday memang masih dibahas di tingkat kementerian.

Sebagai informasi, sejak Januari hingga September 2018, realisasi investasi sebesar Rp 535,4 triliun. Realisasi investasi ini meningkat 4,3% dibandingkan tahun lalu yang sebesar Rp 513,2 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×