kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini tanggapan Organda terkait kenaikan tarif tol


Selasa, 28 Januari 2020 / 09:56 WIB
Begini tanggapan Organda terkait kenaikan tarif tol
ILUSTRASI. Organda melihat penyelenggara jalan tol tidak memberi prioritas kepada angkutan umun


Reporter: Rahma Anjaeni | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenaikan tarif di beberapa ruas jalan tol ditanggapi dingin oleh Organisasi Angkutan Darat (Organda). Organda menilai seharusnya, kenaikan tarif tol juga diiringi dengan peningkatan pelayanan.

"Logikanya, naik tarif harusnya naik pelayanan. Namun, rasanya kenyataan masih jauh dari harapan," ujar Ateng Aryono, Sekjen DPP Organda kepada Kontan.co.id, Minggu (26/1).

Lebih lanjut Ateng bilang, seharusnya pihak penyelenggara jalan tol memperhatikan kondisi yang sering terjadi di ruas jalan bebas hambatan tersebut. 

Pertama, beberapa ruas tol masih sering mengalami kemacetan yang cukup berat. Seharusnya, dengan adanya kenaikan tarif tol dapat mengubah waktu tempuh perjalanan karena tidak adanya lagi gangguan kemacetan.

Baca Juga: Mulai 1 Februari, ini lo rincian tarif tol dalam kota yang naik dan turun

Kedua, kondisi jalan yang belum benar-benar mulus, apalagi dengan adanya pemakluman pembangunan fasilitas di sekitar jalan tol. Ketiga, kurangnya kesiapan beberapa ruas tol dalam menghadapi bencana alam seperti banjir.

Terakhir, belum adanya kesungguhan pengelola jalan tol untuk memberi prioritas kepada angkutan umum yang lewat jalan tol.

Di sisi lain, Ateng juga mengira-ngira apakah kenaikan tarif tol ini merupakan bagian dari mekanisme standar untuk melegitimasi pertambahan biaya penyelenggaraan. Apabila dugaannya benar, maka pasti kenaikan tarif ini telah diatur dengan sedemikian rupa, termasuk mengenai penentuan besaran tarif tol.

Baca Juga: Tarif Tol Dalam Kota akan segera naik

"Di awal, kenaikan tarif ini pasti akan dirasakan beban bagi sebagian pengguna, tetapi tidak akan mempengaruhi tingkat pemakaian," kata Ateng.

Namun ia tetap menegaskan, meskipun kenaikan tarif tol terjadi, tidak ada jaminan pasti bahwa tingkat pelayanan di dalam jalan tol juga akan meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×