kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bappenas akan akan implementasikan kecerdasan buatan pengganti eselon III dan IV


Jumat, 29 November 2019 / 14:09 WIB
Bappenas akan akan implementasikan kecerdasan buatan pengganti eselon III dan IV
ILUSTRASI. Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa (kiri) mengikuti rapat kerja dengan Komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/11/2019). Rapat tersebut membahas pembiayaan dan kesiapan infrastruktur rencana pemindahan ibu kota negara. ANTA


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat mengatakan, tugas-tugas eselon III dan IV yang bakal dipangkas diganti oleh kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI). 

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan, kementeriannya bakal menjadi yang pertama dalam mengimplementasikan keputusan Jokowi itu. 

Baca Juga: Ternyata stafsus milenial sudah dapat dua PR dari Jokowi, apa itu?

Saat ini, pihaknya masih dalam tahap persiapan, karena aturan mengenai pemangkasan eselon juga baru akan diterapkan tahun depan. "Ya kita sudah mempersiapkan, Bappenas akan jadi contoh pertama nanti," ujar dia di Jakarta, Jumat (29/11). 

Namun demikian, impelementasi pengalihan tugas eselon III dan IV ke AI masih dalam tahap uji coba tahun depan. Presiden Jokowi sebelumnya mengatakan aparatur sipil negara alias ASN eselon III dan IV yang jabatannya dipangkas bakal dialihkan menjadi jabatan fungsional. 

Mengenai perubahan tersebut, Jokowi pun telah memerintahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo untuk segera merealisasikan. 

Baca Juga: Jokowi: Eselon 3 dan 4 ditiadakan agar pengambilan keputusan lebih cepat

"Saya sudah perintahkan kepada MenPAN (RB) untuk mengganti dengan AI. Kalau diganti dengan artificial intelligence, birokrasi kita akan lebih cepat," kata Kepala Negara. 

Akan tetapi, Jokowi menegaskan bahwa perombakan tersebut tergantung dari omnibus law yang sedang disusun oleh pemerintah. Melalui Omnibus Law, pemerintah akan merevisi sebanyak 74 UU termasuk terkait pemangkasan sistem eselon aparatur sipil negara (ASN) tersebut. 

"Sekali lagi ini (pemangkasan sistem eselon) juga nanti akan sangat tergantung Omnibus Law yang kita sampaikan ke DPR," kata dia. (Mutia Fauzia)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bappenas akan Menjadi Pilot Project Kecerdasan Buatan Pengganti Eselon III dan IV"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×