kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bantuan kuota internet gratis cair hari ini, jika kelewat ini cara mendapatnya lagi


Kamis, 11 Maret 2021 / 18:41 WIB
Bantuan kuota internet gratis cair hari ini, jika kelewat ini cara mendapatnya lagi
ILUSTRASI. Kuota internet gratis Kemendikbud bagi siswa, guru, mahasiswa dan dosen cair hari ini. Berikut cara jika Anda tak kelewat mendapatkannya. ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/hp.


Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) akhirnya  kembali membagikan bantuan kuota internet gratis tahun 2021 untuk siswa, guru, mahasiswa, dan dosen mulai hari ini, Kamis (11/3). 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makariem, dalam Pengumuman Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2021 secara daring beberapa waktu lalu mengatakan, bantuan kuota gratis untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ) akan disalurkan pada tanggal 11-15 setiap bulan dan berlaku selama 30 hari sejak diterima. 

Penerimanya adalah semua yang telah menerima bantuan kuota Kemendikbud pada November-Desember 2020, sepanjang nomor tersebut masih aktif. Penerima secara otomatis menerima bantuan kuota pada Maret 2021. 

Baca Juga: Bantuan kuota internet Kemendikbud 2021 diberikan mulai hari ini, berikut rinciannya

Peserta didik PAUD mendapat 7 GB per bulan, peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 10 GB per bulan, serta pendidik PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 12 GB per bulan. Sementara mahasiswa dan dosen mendapat 15 GB per bulan. 

Kuota ini memang lebih kecil dalam bantuan sebelumnya tapi bantuan ini adalah kuota umum. “Kuota ini dapat mengakses seluruh laman dan aplikasi," jelas Nadiem. 
Meski kuota umum, ada sejumlah aplikasi dan laman yang tidak dapat diakses menggunakan kuota tersebut, yakni situs yang diblokir oleh Kemenkominfo serta media sosial seperti Twitter, Instagram, dan Facebook, TikTok atau aplikasi gim. 

Baca Juga: Dimulai hari ini, simak perincian bantuan kuota internet gratis Kemendikbud 2021

Hanya, kuota ini bisa dipakai untuk YouTube lantaran banyak guru yang melakukan pembelajaran melalui media tersebut. 
"Materi pembelajaran banyak dari YouTube, jadi ini kabar gembira. Meski giga lebih kecil, namun fleksibilitas penggunaan menjadi lebih tinggi,” terang Nadiem.

Dus, jika  Anda termasuk penerima tapi belum terdaftar atau ganti nomor, ada kesempatan mendapatrka kuota mulai April 2021.

Caranya:

  • Calon penerima melapor kepada pimpinan satuan pendidikan sebelum bulan April 2021 untuk mendapatkan bantuan kuota. 
  • Pimpinan/ operator satuan pendidikan mengunggah SPTJM untuk nomor yang berubah atau nomor baru pada: https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id/ atau https://pddikti.kemdikbud.go.id/ (untuk jenjang pendidikan tinggi) 

Untuk bisa terdaftar kuota gratis, berikut syarat yang perlu dipenuhi calon penerima kuota gratis Kemendikbud 2021: 

  1. Peserta Didik pada PAUD dan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah Terdaftar di aplikasi Dapodik. Memiliki nomor ponsel aktif atas nama peserta didik/orang tua/anggota keluarga /wali. 
  2. Pendidik pada PAUD dan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah Terdaftar di aplikasi Dapodik dan berstatus aktif. Memiliki nomor ponsel aktif. 
  3. Mahasiswa Terdaftar di aplikasi PDDikti, berstatus aktif dalam perkuliahan atau sedang double degree. Memiliki Kartu Rencana Studi pada semester berjalan. Memiliki nomor ponsel aktif. 
  4. Dosen Terdaftar di aplikasi PDDikti dan berstatus aktif pada tahun ajaran 2020/2021. Memiliki nomor registrasi (NIDN, NIDK, atau NUP). Memiliki nomor ponsel aktif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×