kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Dunia: Virus corona sebabkan penduduk miskin bertambah di Asia Timur dan Pasifik


Selasa, 31 Maret 2020 / 14:04 WIB
Bank Dunia: Virus corona sebabkan penduduk miskin bertambah di Asia Timur dan Pasifik
ILUSTRASI. Ilustrasi warga miskin


Reporter: Grace Olivia | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Dunia memproyeksi penurunan angka kemiskinan di kawasan Asia Timur dan Pasifik akan jauh lebih lambat pada tahun ini akibat pandemi virus corona yang menghantam pertumbuhan ekonomi global. Bahkan, angka kemiskinan mungkin saja berbalik meningkat jika prospek ekonomi global dan kawasan lebih buruk dari yang diperkirakan. 

Dalam laporan ekonomi regional edisi April, Asia Timur dan Pasifik di Masa Covid-19, Bank Dunia  menyajikan skenario dasar (baseline) serta skenario alternatif yang lebih rendah (lower scenario). 

Pertumbuhan negara berkembang di kawasan Asia Timur dan Pasifik untuk tahun 2020 diproyeksikan melambat menjadi 2,1% pada skenario baseline dan menjadi negatif 0,5% untuk skenario lebih rendah. Proyeksi pada kedua skenario tersebut jauh lebih rendah dari perkiraan sebelumnya yaitu 5,8% pada 2019 lalu.

Baca Juga: Ada corona, Bank Dunia proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini cuma 2,1%

Sebelum adanya pandemi Covid-19, Bank Dunia memproyeksi sebanyak 35 juta orang akan keluar dari garis kemiskinan di kawasan Asia Timur dan Pasifik pada tahun ini, dengan sekitar 25 juta orang di antaranya berada di China. 

Namun dengan proyeksi pertumbuhan kawasan pada skenario baseline dan asumsi batas garis kemiskinan pada US$ 5,5 per hari per orang, Bank Dunia memperkirakan tahun ini jumlah orang yang akan keluar dari kemiskinan di kawasan akan berkurang sebanyak hampir 24 juta dibanding bila tidak ada pandemi. 

"Jika situasi ekonomi memburuk, dan skenario lebih rendah yang terjadi, maka jumlah penduduk miskin bahkan akan bertambah sekitar 11 juta orang,” tulis Bank Dunia.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×