kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ayah Kapolri Listyo Sigit Prabowo ternyata pensiunan anggota TNI Angkatan Udara


Jumat, 29 Januari 2021 / 10:49 WIB
Ayah Kapolri Listyo Sigit Prabowo ternyata pensiunan anggota TNI Angkatan Udara
ILUSTRASI. Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan keterangan usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta (27/1/2021).


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo ternyata berlatar belakang keluarga TNI Angkatan Udara (AU). Ayahnya yang bernama Mayor Adm Sutrisno pernah berdinas di Akademi Angkatan Udara (AAU).

"Iya betul, Mayor Adm Sutrisno, purna tugas tahun 1992, terakhir dinas di Akademi Angkatan Udara (AAU)," ujar Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah ketika dikonfirmasi, Kamis (28/1/2021).

Informasi ini kali pertama diketahui dari potongan buku kenangan SMA Listyo Sigit. Di situ tertulis alamat Listyo di Blok P-1 Lanud Adisucipto Yogyakarta.

Alamat ini menunjukkan Sigit besar di lingkungan angkatan bersenjata matra udara. Dalam catatan yang sama juga memperlihatkan, setelah lulus SMA, Sigit melanjutkan pendidikannya ke Akademi Polisi (Akpol).

Baca Juga: Komjen Listyo Sigit Prabowo resmi jadi Kapolri

Sementara, tak sedikit dari rekan seangkatannya melanjutkan pendidikannya ke bangku kuliah. Misalnya, kuliah di Universitas Atmajaya hingga Universitas Pembangunan Nasional (UPN).

Dengan latar belakang sebagai putra seorang anggota TNI AU, Sigit pun mencatatkan sejarah tersendiri bagi dunia Korps Bhayangkara. Latar belakang sebagai putra anggota TNI AU juga disandang Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) ini merupakan putra Sersan Mayor Bambang Sudarto yang diketahui pernah berdinas sebagai teknisi pesawat.

Diberitakan, Presiden Joko Widodo melantik Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (27/1/2021).

Posisi baru ini membawanya mendapat kenaikan pangkat, dari komisaris jenderal menjadi jenderal polisi.

Pengangkatan Sigit sebagai Kapolri dituangkan dalam Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia. Dengan demikian, Sigit resmi menjadi Kapolri menggantikan Idham Azis. (Achmad Nasrudin Yahya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kapolri Listyo Sigit Berlatar Belakang Keluarga TNI, Ayahnya Perwira Angkatan Udara"

Selanjutnya: Presiden Jokowi lantik Komjen Listyo Sigit Prabowo jadi Kapolri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×