kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

WHO nyatakan Nigeria bebas Ebola


Selasa, 21 Oktober 2014 / 16:24 WIB
WHO nyatakan Nigeria bebas Ebola
ILUSTRASI. Kode Redeem FF Hari ini 9 Mei 2023, Berkesempatan Klaim Reward Skin hingga Room Card


Sumber: BBC | Editor: Hendra Gunawan

ABUJA. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa Nigeria telah resmi bebas dari virus Ebola. Pernyataan itu diumumkan WHO setelah selama enam minggu terakhir tidak ditemukannya kasus baru ebola.

Rui Gama Vaz, perwakilan WHO di ibukota Nigeria, Abuja, mengatakan bahwa ini merupakan sebuah pencapaian yang spektakuler. Sebelumnya Nigeria mendapat pujian dikarenakan merespon dengan  cepat setelah seorang diplomat Liberia terkena Ebola pada Juli 2014 lalu.

Sebelumnya WHO juga secara resmi menyatakan Senegal Ebola bebas pada hari Jumat pekan lalu.

Seperti diketahui, wabah ini telah menewaskan lebih dari 4.500 orang di Afrika Barat, terutama di Liberia, Guinea, dan Sierra Leone. Diperkirakan 70% dari mereka yang terinfeksi telah meninggal.

Sementara itu, para Menteri Luar Negeri Uni Eropa mengadakan pertemuan di Luksemburg untuk membahas bagaimana memperkuat respons mereka terhadap ancaman Ebola.

Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius berharap dalam pertemuan tersebut dapat menunjuk koordinator Uni Eropa agar respons penanganan Ebola dapat lebih cepat. "Rekan-rekan saya sepakat bahwa ide ini dari koordinator Eropa untuk memerangi Ebola adalah ide yang baik. Nama akan dipilih dalam beberapa hari mendatang. Saya pikir itu adalah langkah yang sangat penting," ujarnya.

Negara-negara Eropa telah berkomitmen menyediakan anggaran lebih dari US$ 600 juta untuk penanganan Ebola. Bahkan pemerintah Inggris berencana untuk menggandakan dua kali lipat anggaran tersebut. Dana tersebut akan digunakan Uni Eropa untuk membantu memperkuat sistem kesehatan di Liberia, Sierra Leone dan Guinea dan juga untuk mengurangi kerusakan Ebola terhadap perekonomian mereka.

Sebelumnya, pemerintah Spanyol mengatakan bahwa seorang perawat mereka diduga menjadi orang pertama yang terkena Ebola. Namun setelah diuji hasilnya negatif alias tidak terkena virus tersebut.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×