kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tokopedia pakai Nutanix Enterprise Cloud Platform


Jumat, 20 Oktober 2017 / 18:05 WIB
Tokopedia pakai Nutanix Enterprise Cloud Platform


Reporter: Mila Sari | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hari ini, Jumat (20/10) Nutanix mengumumkan, Tokopedia mulai memanfaatkan Nutanix Enterprise Cloud Platform dalam menghadirkan kemudahan saat pengelolaan IT guna menyeimbangi pesatnya perkembangan bisnis e-commerce di Indonesia.

Saat ini, Tokopedia sudah memiliki 2 juta lebih merchant dan melayani US$ 60 juta transaksi tiap bulannya. Tiap tahunnya, Tokopedia mampu menunjukkan perkembangan bisnis yang terus meningkat tiap tahunnya dari sejak pertama kali diluncurkan pada 2009 lalu.

Aplikasi Tokopedia awalnya dijalankan diatas sistem IT Legacy dan didukung oleh beragam sistem enterprise lain, termasuk online web server Tokopedia serta MySQL untuk pengelolaan databse.

Maka dari itu Tokopedia terus didorong untuk mengonsolidasikan infrastruktur IT, sambil mencari mitra yang tepat dalam membantu perusahaan ketika mengelola kebutuhan komputasi, perangkat penyimpanan, jaringan secara lancar dan bisa menyediakan skalabilitas tingkat tinggi untuk menyesuaikan infrastruktur IT perusahaan.

Sejak bulan Juli 2016, Tokopedia mulai beralih ke Nutanix, ada beberapa solusi yang diteraokan seperti Citrix's Virtual Desktop Infrastructure (VDI) in Nutanix serta aplikasi MySQL dan Nutanix AHV Hypervisor untuk menjalankan aplikasi inti.

Dalam tiga hari, Tokopedia mampu merasakan manfaat dari menggunakan solusi Nutanix, seperti ruang yang lebih luas karena mampu memangkas jumlah server dari awalnya 25 server menjadi 3 server Nutanix, selain itu Nutanix memiliki konsumsi daya yang 5 kali lebih hemat.

Hal ini dilakukan karena Tokopedia ingin menyediakan akses perdagangan yang luas melalui teknologi. Infrastructure Head of Tokopedia, Ardimas Wurseto mengklaim jika Tokopedia ingin agar konsumen dan merchant mempunyai pengalaman berbelanja online secara transparant.

"Kami ingin seluruh konsumen serta merchant kami memiliki pengalaman retail online yang transparan, efektif, dan tentunya aman,” ungkapnya.

Nutanix dipilih karena dianggap memiliki solusi dalam memenuhi kebutuhan dari perusahaan next-generation. Arsitektur yang ditawarkan berbasis software mampu mempermudah operasional serta pengelolaan dalam sistem IT, sehingga berjalan denga lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×