kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Titah Trump kepada Perwakilan Dagang dan Departemen Keuangan AS atas China


Jumat, 23 Maret 2018 / 09:37 WIB
Titah Trump kepada Perwakilan Dagang dan Departemen Keuangan AS atas China
ILUSTRASI.


Reporter: Agung Jatmiko | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Setelah menimbang hasil investigasi perwakilan dagang Amerika Serikat (AS) atau US Trade Representative (USTR) terkait kecurangan yang dilakukan pemerintah dan perusahaan-perusahaan China, Presiden AS, Donald Trump segera memberlakukan keputusan pengenaan tarif impor produk China senilai US$ 60 miliar.

Mengutip keterangan resmi dari Gedung Putih yang diunggah di situsnya, www.whitehouse.gov pada hari Kamis (22/3), beginilah perintah Trump kepada para pembantunya di USTR dan Departemen Keuangan:

Bagian 1 - Tarif
(a) Perwakilan Perdagangan harus mengambil semua tindakan yang tepat untuk mengatasi tindakan, kebijakan, dan praktik Cina yang tidak beralasan atau diskriminatif dan yang membebani atau membatasi perdagangan A.S. Perwakilan Perdagangan harus mempertimbangkan apakah tindakan tersebut harus mencakup peningkatan tarif atas barang-barang dari China.
(b) Untuk memajukan tujuan ayat (a) dari bagian ini, Perwakilan Perdagangan harus menerbitkan daftar usulan produk dan setiap kenaikan tarif yang dimaksudkan dalam waktu 15 hari dari tanggal memorandum ini. Setelah periode pemberitahuan dan setelah berkonsultasi dengan lembaga dan komite yang tepat, Perwakilan Perdagangan, sesuai dan konsisten dengan hukum, menerbitkan daftar akhir produk dan kenaikan tarif, jika ada, dan menerapkan tarif tersebut.

Bagian 2 - Penyelesaian Perselisihan WTO
(a) Perwakilan Perdagangan, sesuai dan konsisten dengan hukum, mengejar penyelesaian sengketa di World Trade Organization (WTO) untuk mengatasi praktik lisensi diskriminatif Cina. Jika sesuai dan konsisten dengan hukum, Perwakilan Perdagangan harus melanjutkan tindakan ini bekerja sama dengan anggota WTO lainnya untuk mengatasi praktik perdagangan China yang tidak adil.
(b) Dalam waktu 60 hari sejak tanggal memorandum ini, Perwakilan Perdagangan harus melaporkan kepada saya kemajuannya berdasarkan ayat (a) dari bagian ini.

Bagian 3 - Pembatasan Investasi
(a) Menteri Keuangan, dalam konsultasi dengan pejabat eksekutif senior lainnya, harus mengusulkan tindakan eksekutif, yang sesuai dan konsisten dengan hukum, dan menggunakan otoritas hukum yang tersedia, untuk mengatasi kekhawatiran tentang investasi di Amerika Serikat yang diarahkan atau difasilitasi oleh China dalam industri atau teknologi yang dianggap penting bagi Amerika Serikat.
(b) Dalam waktu 60 hari sejak tanggal memorandum ini, Menteri Keuangan harus melaporkan kepada Presiden kemajuannya terkait ayat (a) dari bagian ini.

Bagian 4 - Publikasi
Perwakilan Perdagangan berwenang dan diarahkan untuk menerbitkan memorandum ini dalam Daftar Federal.




TERBARU

[X]
×