kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tawaran investasi bodong online lebih berbahaya


Rabu, 29 Maret 2017 / 07:49 WIB
Tawaran investasi bodong online lebih berbahaya


Reporter: Namira Daufina | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Penawaran investasi ilegal sulit diberantas. Apalagi mayoritas penawaran investasi kini melalui online sehingga sulit dilacak. Oleh karena itu, otoritas industri keuangan dan pasar modal perlu melibatkan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk meredam maraknya aksi investasi ilegal.

Lukas Setia Atmaja, Financial Expert Prasetiya Mulya Business School menilai, maraknya investasi ilegal dipicu oleh keinginan masyarakat mendulang untung besar dalam waktu singkat. Faktor inilah yang dimanfaatkan oleh pengelola investasi ilegal. "Seharusnya masyarakat mempertimbangkan legalitas. Begitu tahu tidak jelas, langsung hindari," kata dia, kemarin, menyarankan.

Lukas menilai, penawaran dengan platform online itu berbahaya. "Sebab tidak terlacak perkembangan dan pengelolaannya," katanya.

Langkah preventif tercepat yang bisa dilakukan adalah dengan meminta Kemkominfo memblokir situs-situs penawaran tersebut. Upaya itu harus terus menerus dilakukan.

Menurutnya, edukasi dan sosialiasi terhadap masyarakat perlu dilakukan secara berkelanjutan. Selain itu, penindakan secara hukum terhadap oknum terkait harus cepat dilakukan. "Biar ada efek jera," tandasnya.

Sebagai catatan, akhir pekan lalu (26/3), Satgas Waspada Investasi, mengumumkan penutupan enam investasi ilegal. Enam tawaran investasi yang dilarang beraktivitas adalah StarFive2U.com, PT Alfikal Property, Groupmatic170, EA Veow, FX Magnet Profit, dan Koperasi Serba Usaha (KSU) Agro Cassava Nusantara (Harian KONTAN, edisi 27 Maret 2017).

Dari enam perusahaan, salah satunya adalah KSU Agro Cassava Nusantara yang menawarkan investasi tanam pohon singkong. Dengan modal minimal Rp 1 juta, keuntungan yang dijanjikan 150% dalam 30 hari. "Dari perhitungan imbal hasil saja tidak masuk akal," tegas Lukas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×