Soal kewirausahaan, Anies: Sandi jagonya

Selasa, 17 Oktober 2017 | 22:33 WIB   Reporter: Maizal Walfajri
Soal kewirausahaan, Anies: Sandi jagonya


DKI JAKARTA - JAKARTA. Kementerian Koperasi dan UKM bersama Dinas Koperasi dan Perdagangan Pemprov DKI Jakarta bekerjasama menggelar acara Pemasyarakatan dan Pelatihan Kewirausahaan melalui Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) bagi anggota koperasi perkampungan dan industri kecil, di Jakarta (17/10).

Tujuan dari acara tersebut adalah terus menggelorakan semangat berwirausaha di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda, di Jakarta.

“Konektifitas Jakarta itu sangat luar biasa. Sekarang kalau mau pesan Batik Betawi bisa lewat online. Mau kuliner atau semuanya bisa lewat online. Pasarnya sudah tercipta dan tersambungkan lewat teknologi. Bila UMKM memiliki manajemen usaha yang baik, maka peluang pasar yang ada ini dapat dinikmati”, papar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam keternagan tertulis yang KONTAN terima pada Selasa (17/10).

Di acara yang juga dihadiri Deputi Bidang Pengembangan SDM Kemenkop dan UKM Prakoso BS, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, Kadis Koperasi dan Perdagangan DKI Jakarta Irwandi, dan lebih dari 250 pelaku UMKM di Jakarta, Anies memberikan apresiasi adanya program pelatihan seperti ini.

“Namun, selain pelatihan, pendampingan juga penting. Bahkan, ke depan, kita harus memastikan akan ada program mentoring. Sandiaga memiliki pengalaman panjang dalam membangun dan mengembangkan UMKM selama ini”, kata Anies.

Anies juga berharap agar para pelaku UMKM di Jakarta jangan pernah khawatir karena ukuran. “Sekarang kita kecil, suatu hari nanti bisa meningkat menjadi menengah dan besar. Yang sekarang besar, dulunya juga kecil merangkak. Semua ada proses dan pertumbuhannya”, tandas dia.

Kunci suksesnya, lanjut Anies, para pelaku UMKM harus berpikir out of the box, atau berpikir yang tidak terbayangkan oleh orang lain. Kerjakan hal-hal unik yang tidak terbayangkan orang lain dan lakukan terobosan-terobosan menarik.

“Jadi, kreativitas sangat penting sekali. Saya berharap, kerja keras, kreativitas, manajemen yang baik, harus menjadi bagian dari karakter wirausaha kecil dan mikro di Jakarta”, tutur Anies lagi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru