Slank dan Kemnaker bikin aplikasi pencari kerja

Kamis, 13 April 2017 | 18:20 WIB Sumber: Kompas.com
Slank dan Kemnaker bikin aplikasi pencari kerja


JAKARTA. Grup band Slank bersama Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) sedang mengembangkan aplikasi pencari kerja bernama Join Kandidat.

"Kami mau bikin aplikasi sama beberapa Slankers, entar bareng Pak Hanif Dhakiri (Menteri Tenaga Kerja). Aplikasi orang mencari kerja, buat perusahaan mencari pekerja," ujar drummer Slank, Bimbim, usai acara Ngobrol Santai Antikorupsi di Gang Potlot III, Jakarta Selatan, Rabu (12/4) malam.

Aplikasi yang fokus mengakomodir angkatan kerja yang minim keterampilan ini nantinya dapat diunduh lewat telepon genggam. Para pencari kerja dari berbagai kalangan tak harus membuat surat lamaran atau curriculum vitae (CV). Mereka hanya perlu membuat satu akun dengan memasukkan data diri, jenis pekerjaan, upah, serta lokasi kerja yang diharapkan, dan lain-lain. Lalu tinggal mengunggah foto, tak wajib pas foto dan bisa hasil selfie atau swafoto.

Namun, aplikasi ini tidak gratis, melainkan berbiaya Rp 15.000. "Itu aplikasi mudah yang tidak hanya untuk yang sekolah tinggi, tapi bisa buat tukang batu, tukang parkir ART, ojek, semua bisa," ujar Bimbim.

Salah satu yang menarik juga, lanjutnya, jika pencari kerja sudah mendaftarkan diri, maka mereka punya kesempatan langsung bekerja lewat fitur "Kpay". Artinya, pengguna aplikasi itu bisa melayani pembelian pulsa, pembayaran listrik, PDAM, iuran BPJS, hingga voucher game.

Join Kandidat bakal diluncurkan pada 10 Mei 2017. Bimbim dan kawan-kawan berharap lewat aplikasi ini bisa membantu mengurangi angka pengangguran.

"Banyak banget Slankers pengangguran. Kadang juga kami bingung, 'Mas Bim cariin kerja. Gue ke Potlot deh, jadi apa aja'," cerita Bimbim.

"Besok-besok kan tinggal daftar aplikasi aja, bisa langsung kerja begitu daftar. Mudah-mudahan dengan aplikasi ini enggak ada pengangguran lagi," ujar Bimbim.

(Andi Muttya Keteng Pangerang)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru