kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Serasi Autoraya rilis layanan sewa mobil syariah


Rabu, 14 Juni 2017 / 10:29 WIB
Serasi Autoraya rilis layanan sewa mobil syariah


Reporter: M. Ghiffari L. Alif P. | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. PT Serasi Autoraya (SERA) kembali membidik peruntungan menjelang Lebaran. Pengelola Trac Astra Rent A Car ini biasanya mendapat untung saat Lebaran, lantaran banyak konsumen yang menyewa kendaraan.

Jacob Anthonius, Chief Operating Trac Astra Rent A Car Daily, mengatakan, pihaknya menyediakan sebanyak 1.000 unit armada kendaraan untuk disewakan. "Dari 1.000 unit, 95% masih didominasi jenis MVP seperti Avanza dan Innova," katanya, Selasa (13/6).

Meski jumlah mobil yang disewakan tidak berbeda jauh dibandingkan tahun lalu, Jacob memperkirakan, semuanya bakal habis tersewa pada H-7 Lebaran. Hanya saja, dari pengalaman sebelumnya, hingga H-2 Lebaran masih ada permintaan sewa dari para pelanggan.

Mengantisipasi perminaan tersebut, Trac Astra akan mengerahkan armada dari leasing. Meski demikian, perusahaan ini tidak begitu saja menambah jumlah armada sewaan.

Pertimbangannya, peningkatan permintaan sewa pada periode Lebaran hanya sesaat. "Perusahaan seperti SERA perlu berpikir hingga jangka panjang," sebutnya.

Perlu diketahui, Trac Astra Rent a Car (Daily Rent) fokus pada penyewaan kendaraan dengan durasi di bawah satu tahun. Saat Lebaran para penyewa itu umumnya adalah pemudik dengan tujuan Jawa dan Sumatra. Sejauh ini, penyewa masih didominasi long term dengan porsi sebesar 90%. Sisanya, 10% merupakan daily rent.

Nah, bertepatan momentum Ramadan tahun ini, Trac Astra Rent a Car (Long Term) memperkenalkan produk anyar, yakni rent a car syariah, yang dijalankan dengan prinsip syariah. Trac Syariah menjadi produk pertama di Indonesia yang secara legal menghadirkan layanan ijarah, yaitu aktivitas sewa-menyewa yang sesuai hukum Islam

Artinya, tanpa bunga dan sistem yang lebih terbuka. Akad ijarah Trac Syariah bebas dari unsur riba, maysir, dan gharar. Selain itu, semua kendaraan Trac Syariah juga diperoleh secara halal melalui mekanisme murabahah.

Tak cuma itu, Trac Syariah telah mendapat rekomendasi dari Dewan Syariah Nasional untuk menjalankan bisnis layanan sewa mobil berbasis syariah. Saat ini, layanan sewa mobil Trac Syariah sudah dapat diakses melalui 34 cabang Trac-Astra Rent A Car yang tersebar di 31 kota di Indonesia.

Teddy Astra, General Manager Corporate Sales Trac Astra Rent a Car (Long Term) mengatakan, permintaan pasar terhadap sistem penyewaan syariah yang bergerak naik, mendasari hadirnya Trac Syariah. Produk ini juga didasari populasi masyarakat Indonesia yang mayoritas Muslim.

Untuk mendukung kelancaran lini usaha baru ini, Trac Astra akan menambah jumlah armada sewaan. "Dengan hadirnya produk syariah, Trac Astra akan menambah jumlah armada sebanyak 1.500 unit sampai akhir tahun nanti," sebut Teddy.

Saat ini, total jumlah kendaraan yang perusahaan ini sebanyak 25.000 unit. Jumlah tersebut tersebar di seluruh wilayah nusantara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Berita Terkait



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×