kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45922,92   -8,44   -0.91%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sensus Penduduk September 2020, ini dia pembagian 3 zona pendataannya


Senin, 07 September 2020 / 05:36 WIB
Sensus Penduduk September 2020, ini dia pembagian 3 zona pendataannya
ILUSTRASI. Petugas Badan Pusat Statistik (BPS) melaksanakan pendataan untuk sensus penduduk secara tatap muka di permukiman warga di Dusun Bantarkaler, Desa Darmaraja, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (2/9/2020). BPS Jawa Barat memprediksi jumlah penduduk di Provi


Reporter: Bidara Pink | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah menghelat sensus penduduk (SP) online, Badan Pusat Statistik (BPS) saat ini tengah mengadakan sensus penduduk dengan terjun langsung ke lapangan.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, per 1 September 2020 lalu, BPS telah menurunkan 190 ribu petugas sensus ke seluruh daerah di Indonesia untuk melakukan pencacahan di lapangan.

Berdasarkan informasi yang termuat dalam Instagram resmi BPS @bps_statistics, nantinya akan ada pembagian zona pendataan lapangan sensus penduduk.

Baca Juga: Sensus penduduk kembali dihelat, BPS pastikan petugas patuhi protokol kesehatan

"Terdapat tiga zona wilayah dalam sensus penduduk September. Setiap zona memiliki mekanisme spesifik untuk memudahkan petugas sensus ketika melakukan pendataan lapangan," tulis BPS dalam unggahannya tersebut.

Terperinci, zona pertama adalah zona drop off pick up. Dalam zona ini, berarti pengisian kuesioner secara mandiri oleh penduduk. Petugas akan memberikan kuesioner ke rumah penduduk (drop off), memberi waktu untuk mengisi pertanyaan, lalu akan mengambil kecil (pick up).

Zona kedua adalah zona non drop off pick up. Dalam zona ini, penduduk tidak melakukan pengisian kuesioner. Petugas sensus akan melakukan verifikasi lapangan dan konfirmasi keberadaan seluruh keluarga dan penduduk secara door-to-door bersama ketua atau pengurus SLS.

Zona ketiga adalah zona wawancara. Da,am zona ini, pendataan penduduk dilakukan dengan cara wawancara oleh petugas sensus. Seluruh masyarakat dan seluruh penduduk akan didatangi door-to-door oleh petugas sensus.

Baca Juga: ​Sensus Penduduk September 2020, ini cara kenali petugas yang datang ke rumah

Akan tetapi, Suhariyanto juga sebelumnya menekankan kalau karena kendala dan situasi Covid-19 yang sedang berlangsung, maka pengajuan pertanyaan akan dengan cepat, khususnya dalam zona yang terpantau banyak yang terkena Covid-19.

Lebih lanjut, BPS juga memastikan kalau seluruh petugas sensus akan mematuhi protokol kesehatan dalam menjalankan tugasnya. Petugas sensus akan mengenakan masker, face shield, sarung tangan, hand sanitizer, juga akan melakukan jaga jarak saat bertemu dengan responden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×