Ribuan rumah di Cirebon terendam banjir

Jumat, 23 Februari 2018 | 17:58 WIB Sumber: Antara
Ribuan rumah di Cirebon terendam banjir

Banjir luapan Sungai Cisanggarung, Brebes


BANJIR - CIREBON. Sekitar seribu rumah di delapan kecamatan di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, terendam banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Cisanggarung dan meluapnya Sungai Cijangkelok serta intensitas hujan yang tinggi.

"Delapan kecamatan yang terdampak, dan kurang lebih ada 25 ribu jiwa yang harus mengungsi," kata Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Cirebon Eman Sulaeman di Cirebion, Jumat (23/2).

Eman menyebutkan dua sungai yang meluap yakni Sungai Cisanggarung dan Cijangkelok menyebabkan delapan kecamatan di Kabupaten Cirebon yakni Kecamatan Losari, Ciledug, Pasaleman, Pabuaran, Pabedilan, Waled, Pangenan, dan Gebang terendam banjir.

Kedalaman air yang merendam bervariasi ada yang hanya setengah meter dan juga ada daerah sampai dua meter setengah.

"Banjir sampai atap rumah warga dan saat ini kami sedang melakukan evakuasi," tuturnya.

Eman mengatakan air mulai masuk ke permukiman warga pada Kamis (22/2) malam sekitar pukul 23.00 WIB dan beberapa jam setelah air masuk, sejumlah rumah warga yang berdekatan dengan aliran sungai langsung terendam.

"Warga sudah siaga, banyak dari mereka yang menyelamatkan diri ke dataran yang lebih tinggi, seperti jalan, pohon dan lainnya," ujarnya.

Saat ini lanjut Eman, BPBD bersama Polisi, TNI dan SAR masih melakukan proses evakuasi kepada sejumlah warga yang terjebak banjir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru