kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

RI buka mall di anak Alibaba


Sabtu, 09 Juli 2016 / 09:30 WIB
RI buka mall di anak Alibaba


Sumber: Antara | Editor: Adi Wikanto

Hangzhou. Platform Indonesia "Inamall" pada Tmall Global, anak perusahaan Grup Alibaba, resmi diluncurkan. Ini untuk memaksimalkan penetrasi produk-produk unggulan Indonesia di pasar Tiongkok dan global.

Peresmian portal jual beli produk Indonesia melalui "Inamall", dilakukan bersama Menteri Perdagangan RI Thomas Trikasih Lembong dan Wakil Presiden Grup Alibaba Brian Wong di Hangzhou, Jumat (8/7) malam.

Usai peresmian, Thomas mengatakan pihaknya terus mendalami kerja sama bidang E-commerce dengan Tiongkok, terutama melalui pemain-pemain raksasa e-commerce seperti Alibaba. Diharapkan, strategi ini bisa mengoptimalkan pemasaran produk unggulan Indonesia di pasar Tiongkok dan global.

"Jual beli secara online, E-commerce, merupakan cara yang cepat dan efektif. Kita tidak perlu melalui upaya yang panjang, investasi tidak terlalu banyak, tetapi mampu menjangkau ratusan juta konsumen di Tiongkok, bahkan Alibaba memiliki pelanggan ratusan juta orang di puluhan negara. Ini sangat efektif untuk memasarkan produk kita," katanya lagi.

Thomas memastikan, platform ini memberikan akses pengusaha Indonesia untuk dapat menjual produknya langsung kepada konsumen di Tiongkok, tanpa melalui importir atau distributor. Produk makanan dan minuman Indonesia dipasarkan secara global melalui platform Inamall baik secara Business to Business (B2B) ataupun Business to Consumer (B2C).

Duta Besar RI untuk Tiongkok merangkap Mongolia Soegeng Rahardjo mengatakan, keberadaan Inamall merupakan langkah maju untuk lebih mengenalkan dan memasarkan produk unggulan Indonesia di Tiongkok khususnya.

"Tantangannya adalah bagaimana kita dapat menjaga kualitas produk, kesinambungan produksi, kapasitas, keunikan atau kekhasan sebagai produk Indonesia, sehingga makin banyak orang tertarik, mengenal dan membeli produk Indonesia secara konsisten," ujarnya.

Wakil Presiden Grup Alibaba Brian Wong mengatakan Indonesia merupakan pasar potensial bagi E-commerce. "Karenanya, kami akan terus berupaya meningkatkan kerja sama dan layanan di masa datang, mengingat potensinya sangat besar," katanya.

Inamall sudah dirintis sejak era Menteri Perdagangan Marie Elka Pangestu. Saat ini produk Indonesia yang dipasarkan melalui Inamall adalah sarang burung walet, kopi luwak, keripik singkong Kusuka, mi instan, aroma terapi safe care, dan produk minuman Inaco.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×