kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Presiden Jokowi minta Menkeu siapkan anggaran untuk menyerap beras petani


Jumat, 26 Maret 2021 / 22:07 WIB
Presiden Jokowi minta Menkeu siapkan anggaran untuk menyerap beras petani
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo mendadak meninjau Gudang Bulog di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (18/3/2020). Presiden Jokowi minta Menkeu siapkan anggaran untuk menyerap beras petani


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Presiden Joko Widodo meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyiapkan anggaran agar Perum Bulog bisa menyerap lebih banyak beras dari petani. 

Jokowi menjelaskan, hal itu dibutuhkan lantaran saat ini sedang memasuki harga panen dan harga beras di tingkat petani masih rendah atau belum sesuai yang diharapkam. 

"Saya pastikan beras petani akan diserap Bulog dan saya akan segera memerintahkan Menkeu agar membantu terkait anggaran," ujar Jokowi ketika memberikan keterangan seperti dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (26/3/2021). 

Selain itu, ia juga menegaskan pemerintah tidak akan melakukan impor beras hingga bulan Juni 2021. Meski pihaknya tidak menyangkal pemerintah telah meneken nota kesepahaman dengan Thailand dan Vietnam. 

Baca Juga: Jokowi pastikan tidak ada beras impor yang masuk hingga Juni 2021

Namun, hal itu hanya untuk menjaga kebutuhan stok beras di dalam negeri. Sebab, menurut dia saat ini di situasi pandemi penuh dengan ketidakpastian. 

"Saya pastikan, bahwa sampai bulan Juni 2021 tidak ada beras impor yang masuk ke negara kita Indonesia. Kita tahu, sudah hampir tiga tahun ini kita tidak impor beras," ujar dia. 

Ia pun meminta agar seluruh pihak tak lagi mempermasalahkan impor beras. Menurut Jokowi, perdebatan terkait impor beras yang tak kunjung rampung justru membuat harga gabah di tingkat petani menjadi anjlok.

"Saya minta segera hentikan perdebatan berkaitan dengan impor beras. Ini justru bisa membuat harga jual gabah di tingkat petani turun atau anjlok," ujar Jokowi. (Mutia Fauzia)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Minta Sri Mulyani Siapkan Anggaran Untuk Serap Beras Petani"

Selanjutnya: Cerita Dirut Bulog Budi Waseso soal munculnya kebijakan impor beras

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×