Peserta Aksi Bela Palestina beranjak pulang

Minggu, 17 Desember 2017 | 12:50 WIB Sumber: Antara
Peserta Aksi Bela Palestina beranjak pulang


PALESTINA - JAKARTA. Ruas Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat terpantau dipadati para peserta "Aksi Bela Palestina" yang akan kembali pulang usai mengikuti kegiatan tersebut sejak Minggu (17/12) pagi hari.

Berdasarkan pantauan Antara di lokasi, kerumunan peserta yang didominasi berpakaian serba putih tersebut terbagi tepat di pertigaan di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, ada yang menuju ke arah Tugu Tani maupun ke arah Gambir dan Masjid Istiqlal.

Kerumunan peserta yang memadati jalan Medan Merdeka Utara tersebut mengakibatkan arus lalu lintas di ruas tersebut macet total, terutama lajur yang menuju arah Tugu Tani, sementara belum terlihat petugas kepolisian atau instansi terkait yang mengurai kepadatan lalu lintas tersebut.

Puluhan ribu warga dari berbagai organisasi berkumpul di Monas dalam "Aksi Bela Palestina" untuk memberi dukungan mereka terhadap negara tersebut.

Aksi ini turut dihadiri para pemimpin organisasi Islam antara lain Abdullah Gymnastiar, Jimly Asshidiqie dan Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin mengajak umat muslim di Indonesia untuk membela Palestina, menyusul ucapan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang secara sepihak mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

"Kita betul-betul merasa tersakiti dengann ungkapan Trump bahwa Yerusalem ibu kota Israel. Kita tolak!" kata Ma'ruf Amin saat berorasi di aksi bela Palestina di Monas, Minggu (17/12).

Dalam orasinya, Ma'ruf Amin menyatakan dukungannya terhadap Palestina merdeka dan berdaulat serta Yerusalem Timur sebagai ibu kota Palestina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru