kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pesawat hari kiamat AS mendarat di Bandara Soetta


Selasa, 23 Januari 2018 / 11:53 WIB
Pesawat hari kiamat AS mendarat di Bandara Soetta
ILUSTRASI. Ilustrasi pilot pesawat komersial


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pesawat langka Boeing E-4B "Doomsday" terlihat berada di bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten siang ini, Selasa (23/1). Keberadaan pesawat tersebut dikaitkan dengan kunjungan Menteri Pertahanan AS, Jim Mattis ke Indonesia.

Foto pesawat berbadan putih dengan antena satelit MILSTAR di punggungnya itu beredar di media sosial sejak Selasa pagi ini.

Pesawat E-4B adalah pesawat komando strategis yang dioperasikan oleh Angkatan Udara AS (USAF). Pesawat ini berbasis desain pesawat Jumbojet B747-200. Oleh NATO, pesawat ini dijuluki sebagai "Pesawat Hari Kiamat" atau "Doomsday Plane".

Julukan itu diberikan sebab E-4B bakal difungsikan sebagai kantor kepresidenan, manakala perang nuklir pecah. Pesawat ini juga biasanya mengikuti pesawat kepresidenan Air Force One saat kunjungan ke berbagai negara.

Angkatan Udara AS memiliki empat unit E-4B yang dioperasikan oleh skadron 1st Airborne Command and Control Squadron yang bermarkas di Offutt Air Force Base, dekat Omaha, Nebraska.

E-4B menyandang nama resmi National Airborne Operation Centres (NAOC). Pos komando udara ini mengangkut pemimpin-pemimpin tinggi AS dan pucuk-pucuk pimpinan militer.

Dari pesawat ini, mereka bisa memberikan komando ke seluruh angkatan bersenjata AS, manakala terjadi perang nuklir, dan unit-unit di darat lumpuh akibat radiasi nuklir.

Boeing E-4B beroperasi sejak 1970  Pesawat ini masih menggunakan teknologi analog. Alasannya, untuk menghindari serangan cyber. Kursi engineer di dalam kokpit juga masih dipertahankan (konsep kokpit lama dengan tiga kru).

Dari pesawat ini, Presiden AS juga masih bisa menghubungi kapal selam-kapal selam pembawa misil nuklir jika sistem komunikasi di darat sudah lumpuh. (Reska K. Nistanto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Siang Ini, Pesawat "Hari Kiamat" AS Mendarat di Bandara Soetta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×