NASIONAL
Berita
Penggantian Kapolri dilakukan Oktober

PENGGANTIAN KAPOLRI

Penggantian Kapolri dilakukan Oktober


Telah dibaca sebanyak 504 kali
Penggantian Kapolri dilakukan Oktober

JAKARTA. Setelah mengajukan nama calon tunggal Kapolri Komisaris Jenderal (Komjen) Sutarman kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memastikan bahwa pada tahun ini Kapolri Jenderal (Pol) Timur Pradopo akan diganti.

Hal itu dikatakan SBY melalui juru bicaranya, Aldrin Pasha di Kompleks Istana, Jumat (27/9) ketika ditanya soal kapan pergantian Kapolri dilakukan. "Dipastikan, tahun ini, Insya Allah, dalam satu bulan ke depan (Oktober)," jelas Julian.

Julian membeberkan bahwa pergantian Kapolri akan dilakukan bila semua proses di DPR telah dilalui, termasuk di dalamnya melakukan fit and proper test terhadap Komjen Sutarman. Jika DPR menyetujui Sutarman, maka SBY segera melantik Sutarman dan memberhentikan Timur Pradopo dari jabatan Kaporli. "Kita tetap menunggu proses di DPR, karena nama dikirim kan tetap harus mendapat persetujuan DPR," terang Julian.

SBY mempersiapkan Sutarman untuk menjadi kapolri dan mengamankan pemilihan umum tahun 2014 mendatang. Seyogianya, Timur baru pensiun dari jabatannya pada bulan Januari 2014, namun karena presiden ingin agar kapolri baru sempat melakukan konsolidasi di dalam internal kepolisian agar siap mengamankan pemilu, maka pergantian kapolri dilakukan lebih cepat.

Telah dibaca sebanyak 504 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • Bisnis properti tiarap dulu

    +

    Industri properti menyambut 2014 dengan pesimistis.

    Baca lebih detail..

  • Mobil baru bermunculan kendati pasar stagnan

    +

    Pelemahan ekonomi membuat pasar otomotif tak melaju cepat.

    Baca lebih detail..