NASIONAL
Berita
Pemerintah Sediakan Rp 4,6 T untuk Operasi Jantung

PROGRAM OPERASI JANTUNG

Pemerintah Sediakan Rp 4,6 T untuk Operasi Jantung


Telah dibaca sebanyak 2257 kali



JAKARTA. Ini kabar baik bagi penderita sakit jantung yang tidak memiliki biaya untuk operasi. Pemerintah telah menyediakan program operasi jantung gratis bagi masyarakat miskin. Dan bagi masyarakat menengah ke bawah, pemerintah akan memberi subsidi sehingga hanya perlu membayar kurang dari setengah biaya operasi.

Menurut Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari, pemerintah telah menyediakan dana Rp 4,6 triliun untuk subsidi operasi jantung koroner berupa pemasangan balon (ballooning) atau klep (stenting) untuk penderita penyumbatan pembuluh darah di jantung. prediksinya, uang sebesar itu cukup untuk membiayai dan mensubsidi operasi untuk sekitar 65.000 pasien.

Siti menyatakan biaya operasi jantung saat ini sekitar Rp 70 juta. Itu karena balon dan klep yang akan dipasang di jantung, semuanya masih barang impor. Biaya operasi yang mahal itu membuat angka kematian akibat sakit jantung koroner sangat tinggi.

Tapi, operasi bersubsidi hanya bisa berlangsung di 14 rumah sakit (RS) di Indonesia. Merekalah yang menerima dana subsidi dari pemerintah untuk menyelenggarakan operasi jantung murah.

Rumah sakit itu adalah RS Jantung Harapan Kita (Jakarta), Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (Jakarta), RSUP Fatmawati (Jakarta), RS Hasan Sadikin (Bandung), RS Adam Malik (Medan), RS Dr Soetomo (Surabaya), RS Dr Kariadi (Semarang), RS Sardjito (Yogyakarta), RS Sanglah (Denpasar), RS Wahidin Sudirohusodo (Makassar), RS Dr M Djamil (Padang), RS Dr Moh. Hoesin (Palembang), RSUD Arifin Ahmad (Pekanbaru), dan RSU H.A Wahab Sjahranie (Samarinda).

Siti memerintahkan RS yang telah mendapat dana ini untuk menyampaikan hak subsidi masyarakat miskin dan bukan malah menutup-nutupinya. "Mereka yang sakit jantung dan tidak mampu langsung saja ditawari, jangan RS pura-pura tidak tahu ada fasilitas subsidi ini," katanya.

Siti menilai sampai saat ini beberapa RS belum maksimal menyalurkan subsidi operasi ini. "Jumlah orang yang mendapat operasi ini belum sesuai harapan. Itu karena RS tidak menjelaskan ada opsi operasi gratis," katanya.

Sumber: KONTAN
Telah dibaca sebanyak 2257 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • Ada ratusan produk, pilih mana?

    +

    Ada sekitar 850 produk reksadana beredar saat ini. Pilihlah yang sesuai dengan gaya investasimu

    Baca lebih detail..

  • Menimbang return reksdana dan investasi lain

    +

    Return reksadana memang ciamik sepanjang tahun ini. Tapi, belakangan muncul gejolak di pasar. Apakah lebih baik mengamankan aset di instrumen aman seperti deposito, atau emas yang harganya sekarang lebih murah?

    Baca lebih detail..