kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah bangun jargas di 9 kabupaten di 2017


Kamis, 30 Maret 2017 / 10:45 WIB
Pemerintah bangun jargas di 9 kabupaten di 2017


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) Kementerian ESDM akan membangun jaringan gas (jargas) untuk rumah tangga di sembilan kota/kabupaten pada Tahun Anggaran 2017. Sembilan Kota/Kabupaten tersebut adalah Kabupaten Musi Banyuasin, Kota Bandar Lampung, DKI Jakarta, Kota Mojokerto, Kota Pekanbaru, Kabupaten PALI, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Mojokerto, Kota Samarinda, dan Kota Bontang.

Perwakilan dari sembilan Kota/Kabupaten dan Direktur jenderal Minyak dan Gas Bumi, IGN Wiratmaja Puja menandatangani Nota Kesepahaman tentang Penyediaan dan Pendistribusian Gas Bumi Melalui Jaringan Gas Bumi untuk Rumah pada Rabu (29/3). Nota Kesepahaman menjadi landasan sinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk mendukung kelancaran penyediaan dan pendistribusian gas bumi melalui jaringan gas bumi untuk rumah tangga.

Wiratmaja mengapresiasi dukungan dari sembilan Kota/Kabupaten dalam pembangunan Jargas untuk rumah tangga. Dia berharap sinergi ini bisa terus berlanjut untuk pembanguan Jargas ke depannya.

"Mohon bantuan saling mendukung, tahun depan sembilan Kota/Kabupaten bisa kita pasang jargas. Kita perjuangkan di komisi XII supaya dapat anggaran yang cukup," kata Wiratmaja dalam keterangan pers, Rabu (29/3).

Untuk itu Wiratmaja mengimbau agar pemerintaah Kota/Kabupaten sudah menpersiapkan Front End Engineering Design (FEED) jargas mulai tahun ini. Sehingga pada awal tahun depan sudah bisa dilakukan penandatanganan kontrak.

"Diharapkan sebelum tahun ini sudah ada FEED, sehingga 20 januari 2018 sdh tandatangan kontrak," kata Wiratmaja.

Seperti diketahui, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral c.q Ditjen Migas telah melaksanakan pembangunan jargas sejak tahun 2009 sampai dengan tahun 2016 dengan jumlah sambungan sebesar 185.991 Sambungan Rumah (SR) di 14 Provinsi metiputi 26 Kabupaten/Kota.

Pada tahun 2017, Kementerian ESDM melalui penugasan kepada PT Pertamina (Persero) dan PT PGN (Persero) Tbk akan melaksanakan pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga di Kabupaten Musi Banyuas'm, Kota Bandar Lampung, DKI Jakarta, Kota Mojokerto, Kota Pekanbaru, Kabupaten PALI, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Mojokerto, Kota Samarinda, dan Kota Bontang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×