kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah bakal sediakan BBM keliling selama libur Natal dan tahun baru


Jumat, 13 Desember 2019 / 20:23 WIB
Pemerintah bakal sediakan BBM keliling selama libur Natal dan tahun baru
ILUSTRASI. Petugas mencoba sepeda motor pengantar BBM yang disiapkan untuk arus mudik di SPBU Muri Tegal, Jawa Tengah, Senin (21/5).


Sumber: Kompas.com | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan bahwa Pertamina telah mengantisipasi kesulitan akses bahan bakar selama libur Natal dan Tahun Baru 2020. 

Salah satu langkah antisipasi yang dilakukan yakni dengan menyediakan kendaraan penjual BBM keliling. 

Baca Juga: PGN jadi agregator gas, cara efektif dan efisien mengelola tata niaga gas nasional

"Ada juga mobil berjalan yang menjajakannya di berbagai tempat. Juga ada tangki sementara semacam jeriken sehingga orang tak harus jauh-jauh kalau mau mencari," ujar Mahfud setelah rapat koordinasi lintas-sektoral, di Auditorium Mutiara Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan, Jumat (13/12). 

Ditemui terpisah, Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Istiono mengatakan bahwa BBM keliling akan disiagakan di jalur arteri. Kendaraan BBM keliling tersebut akan disiagakan secara situasional. Namun, alat itu direncanakan diturunkan saat puncak kepadatan lalu lintas. 

"Di arteri kemungkinan dipersiapkan (BBM keliling) seperti tahun sebelumnya. Dari Pertamina tadi sudah menyiapkan langkah-langkah antisipasi," ucap dia.   

Korlantas memprediksi puncak kepadatan arus lalu lintas saat Natal yaitu pada tanggal 21 dan 22 Desember 2019. Sementara itu, puncak kepadatan untuk Tahun Baru 2020 diprediksi berlangsung pada 28 dan 29 Desember 2019. 

Baca Juga: Dua badan usaha swasta gagal jadi penyalur BBM subsidi 2020

Sebelumnya, Istiono memastikan sarana jelang Natal dan Tahun Baru 2020 sudah siap. "Semua kondisi jalan, khususnya tol, sudah siap, ready, elevated-nya, rest area-nya, semua telah di-manage oleh para Dirlantas dengan baik, termasuk rest area dan daerah rawan macet dan kecelakaan lalu lintas," kata Istiono ketika ditemui di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (12/12). 

Selain jalan tol, ia memastikan kesiapan jalur arteri jelang libur di penghujung tahun 2019. Pihaknya, kata Istiono, juga akan mencegah kepadatan perlintasan kereta api, pasar tumpah, hingga tempat wisata. 

"Itulah yang kita persiapkan dengan baik, semaksimal mungkin. Kalau daerah wisata pasti Puncak, Bogor, itu menjadi perhatian utama," ucap dia. (Devina Halim)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Bakal Sediakan BBM Keliling Selama Libur Natal dan Tahun Baru"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×