kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pembangunan perbatasan, prioritas program Wiranto


Rabu, 14 September 2016 / 17:39 WIB
Pembangunan perbatasan, prioritas program Wiranto


Sumber: Kompas.com | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan, percepatan pembangunan di daerah perbatasan akan menjadi salah satu prioritas dalam Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) 2017.

Ia mengatakan, pemerintah telah mencanangkan Gerakan Pembangunan Terpadu Daerah Perbatasan (Gerbang Dutas) di bawah tanggung jawab Badan Negara Pengelola Perbatasan dan Kementerian Dalam Negeri.

Kemenko Polhukam berfungsi sebagai pengarah dan mengawasi perkembangan dari gerakan pembangunan tersebut.

"Itu semuanya sudah ada koordinasinya, sudah ada rencananya, sudah dilaksanakan. Kemenko Polhukam sebagai pengarah program itu selalu memonitor," ujar Wiranto, saat ditemui seusai rapat kerja Badan Anggaran DPR RI tentang RKA-KL Kementerian Koordinator di Ruang Sidang Banggar DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/9).

Wiranto mengungkapkan, program Gerbang Dutas saat ini sudah berjalan di beberapa daerah.

Daerah-daerah tersebut adalah Pulau Alor yang berbatasan dengan Australia di bagian paling selatan, Sekau yang berbatasan dengan Papua Nugini, dan Pulau Sebatik yang berbatasan dengan Malaysia.

"Saya satu setengah bulan ini sudah ke tiga daerah perbatasan. Untuk melihat apakah program gerbang Dutas yang dilaksanakan kementerian secara terpadu sudah dilaksanakan. Ternyata sudah," papar dia.

Sementara, dari sisi anggaran, Wiranto mengatakan, Kemenko Polhukam sudah menganggarkan Rp 1,4 triliun dalam pelaksanaan program Gerbang Dutas tahun 2016.

"Tahun 2016 anggaran yang disediakan mencapai Rp 1,4 triliun. Itu yang terpadu. Belum lagi pembangunan di kementerian yang lain. Itu semua masuk ke BNPP, kemudian direncanakan dan dilaksanakan. Saya mengawasi dan mengkoordinasikan," kata Wiranto. (Kristian Erdianto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×