kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Patra Jasa gencar bangun apartemen hingga hotel


Selasa, 25 Juli 2017 / 18:52 WIB
Patra Jasa gencar bangun apartemen hingga hotel


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. PT Patra Jasa mulai gencar melakukan pengembangan bisnis properti setelah bertransformasi menjadi developer sejak satu setengah tahun lalu. Tahun ini, anak usaha Pertamina ini akan mengembangkan banyak proyek baru.

Tiga proyek diantaranya merupakan proyek residential highrise atau apartemen, satu proyek perkantoran dan tiga lagi berupa proyek pembangunan hotel.

Teddy Kurniawan Gusti, SVP Strategi Planning Patra Jasa mengatakan, dua proyek apartemen tersebut diakuisisi yakni Tamansari Urbano di Bekasi dan Amarta Yogyakarta. Sedangkan apartemen yang akan dibangun sendiri bertajuk Patra Oil Village (POV) di Kuningan, Jakarta Selatan.

Patra Jasa memilih untuk mengakuisisi proyek yang sudah ada untuk mempercepat pertumbuhan bisnis properti perusahaan. "Harapan kami memang mau rebranding dan itu kalau digarap dari awalan butuh waktu dua sampai tiga tahun. Jadi syarat untuk mempercepat rebranding dengan cara akuisisi seperti yang dilakukan Pertamina selama ini untuk mempercepat pertumbuhan, " kata Teddy pada KONTAN, Senin (25/7).

Teddy menambahkan, apartemen Tamansari Urbano akan diakuisisi dari Wika Gedung dan Amartha Yogyakarta dibeli dari Wika Realty. Dana yang yang digelontorkan untuk akuisisi kedua proyek tersebut sekitar Rp 1 triliun.

Apartemen Tamansari Urbano akan dibangun tiga tower dengan kapasitas 1.700 unit yang dijual dengan harga Rp 300 juta -Rp 600 miliar. Saat ini, tower pertama sudah dalam proses pembangunan dan penjualannya sudah mencapai 60%. Sedangkan tower kedua akan dirilis awal Agustus mendatang.

Amartaha Yogyakarta akan dibangun dua tower dengam kapasitas 600 unit. Pembangunan proyek ini baru akan di mulai di kuartal III.

Sedangkan apartemen POV akan dibangun dengan konsep Luxury dengan harga premium karena berada di pusat bisnis Jakarta. Proyek ini akan dibangun tiga tower dengan kapasitas 800-1.000 unit di atas laha. 2,4 ha. " Kita baru akan membuka NUP bulan Agustus," kata Teddy.

Adapun gedung perkantoran akan dibangun di seberang Stasiun Gambir di atas lahan milik Pertamina. Saat ini di lahan tersebut berdiri gedung Pertamedica. Nantinya gedung tersebut akan direvitalisasi dan dibangun menjadi dua tower perkantoran yang ditujukan untuk karyawan Pertamina dan anak-anak usahanya.

Sedangkan hotel yang akan dibangun ada di Dumai, Belawan, dan Labuhan Bajo. "Di Belawan kita akan bangun hotel bekerjasama dengan Pelindo I dan di Labuhan Bajo bekerjasama dengan BUMN lain yakni ASDP dan PTPP, " jelas Teddy.

Saat ini, Patra Jasa sudah memiliki 7 hotel yang berlokasi di Jakarta, Parapat, Bali, Anyer, Bandung, Semarang, dan Cirebon yang saat ini sedang dibangun ulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×