kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasaraya mengajak Matahari masuk Pasaraya


Sabtu, 13 Juni 2015 / 14:34 WIB
Pasaraya mengajak Matahari masuk Pasaraya


Reporter: Adisti Dini Indreswari | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Pasaraya terus berbenah. Tidak mau kalah pamor oleh ritel baru yang terus bermunculan, Pasaraya mengundang ritel lain membuka gerai di gedung mereka. Yang paling baru, ritel milik mantan menteri Abdul Latief ini resmi menggandeng Matahari Department Store. Gerai Matahari Department Store di Pasaraya Blok M Jakarta mulai menyambut pengunjung pada 12 Juni 2015.

Direktur Operasional Pasaraya Benny Mayamoed mengaku tidak khawatir bersaing dengan Matahari. Padahal, Pasaraya juga berbisnis department store. "Segmennya beda. Kami lebih fokus pada batik, baju muslim, dan handicraft," ujarnya kepada KONTAN usai pembukaan gerai Matahari, Jumat (12/6).

Pasaraya justru berharap kehadiran Matahari mampu mengangkat penjualannya sebesar 25% pada momen puasa dan Lebaran tahun ini. Sayang, Benny enggan memberi tahu target penjualan sepanjang tahun ini. Benny juga enggan blak-blakan mengenai konsep kerjasama Pasaraya dengan Matahari.

"Mereka tidak menyewa, melainkan bermitra dengan kami," ujarnya tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Pasaraya memang membuka lebar-lebar opsi kerjasama dengan ritel lain. Dari net leasable area (NLA) gedung Pasaraya seluas 75.000 meter persegi (m²), Pasaraya berniat melego 40% di antaranya atau seluas 30.000 m² pada ritel lain.

Berarti, Pasaraya hanya akan memakai 60% area yang tersisa. Gerai Matahari Department store sendiri menempati area seluas 12.400 m². Selain Matahari, Pasaraya juga sudah merangkul peritel yang lain seperti Ace Hardware (Kawan Lama Grup), Electronic Solution, serta ritel yang dikelola oleh PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) yaitu Kidz Station, dan Planet Sports.

Bukan hanya itu, Pasaraya juga mulai merambah bisnis belanja online atau e-commerce dengan cara memasukkan produknya ke situs belanja online Elevenia, yang sebagian saham dimiliki PT XL Axiata Tbk (EXCL). Sementara itu bagi PT Matahari Department Store Tbk, gerai di Pasaraya merupakan gerai ketujuh yang dibuka tahun ini serta gerai ke-138 secara keseluruhan.

Perusahaan ini juga masih berniat menambah 12 gerai hingga 15 gerai baru sepanjang tahun ini. Sebelum Pasaraya Blok M, Matahari sudah lebih dulu membuka gerai di Pasaraya Manggarai Jakarta Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×