kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Paket e-commerce dominasi 70% pengiriman JNE


Jumat, 04 Agustus 2017 / 17:27 WIB
Paket e-commerce dominasi 70% pengiriman JNE


Reporter: Tantyo Prasetya | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Perusahaan logistik PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE ) di semester I 2017 mampu mempertahankan pertumbuhan pengiriman paket sebesar 30% dibanding periode sama 2016.  Pertumbuhan sebesar itu sama seperti tahun sebelumnya. Salah satu kontribusi pertumbuhan di tahun ini adalah dari pengiriman paket e-commerce.

Mohamad Feriadi, Presiden Direktur JNE, mengatakan, paket pengiriman dari e-commerce mendominasi pengiriman 60% hingga 70% dari keseluruhan pengiriman.

"Jumlah tersebut belum termasuk dari UKM yang berjualan online menggunakan sosial media dan tidak melalui online marketplace," terang Feriadi kepada KONTAN, Kamis (3/8).

Hingga saat ini JNE telah bekerja sama dengan sejumlah online marketplace, seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Elevania, dan Blibli.

Selain itu JNE pun bekerja sama dengan pihak-pihak lainnya seperti Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dalam program pemberdayaan daya saing pelaku industri kreatif dan sebagainya.

Saat ini, JNE mampu melayani rata-rata 16 juta paket dalam sebulan untuk pengiriman dalam skala nasional. Artinya, JNE mampu mengirim lebih dari 500 paket dalam sehari.

JNE saat ini telah mampu melakukan penjemputan (pick up) dan delivery (pengantaran) barang dari atau ke seluruh wilayah Indonesia maupun dunia. Untuk pengiriman internasional, JNE bekerja sama dengan mitra-mitra strategis di luar negeri.

Seiring meningkatnya permintaan konsumen untuk distribusi barang, JNE pun merasa butuh untuk menambah infrastruktur seperti armada dan jaringan agar dapat menunjang kapasitas pengiriman.

Hingga tahun lalu, JNE memiliki total lebih dari 6.000 titik infrastruktur utama seperti hub, gateway dan jaringan telah dibangun di lokasi-lokasi strategis seperti di Medan, Batam, Bandung, Wangon Jawa Tengah, Semarang dan Surabaya. Yang terbaru, JNE membangun kantor cabang utama di Cianjur, Jawa Barat.

"Sehingga titik layanan JNE dapat mudah dijangkau oleh pelanggan, mulai dari di kota besar, sampai dengan tingkat kecamatan," tambah Feriadi.

Selain itu, JNE menambah kapasitas warehouse agar mampu meningkatkan pengiriman, terutama pada momen-momen khusus seperti hari belanja online nasional (harbolnas) dan Mobile Shopping Day. Pada momen-momen seperti itu jumlah transaksi e-commerce di online marketplace mengalami kenaikan signifikan.

JNE juga memiliki lebih dari 7.000 armada. Semua armada tersebut sebagai sarana jasa seperti JNE Trucking, JNE Eco Courier atau kurir bersepeda dan sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Berita Terkait



TERBARU

[X]
×