kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Optimisme konsumen September naik tipis


Kamis, 05 Oktober 2017 / 21:52 WIB
Optimisme konsumen September naik tipis


Reporter: Adinda Ade Mustami | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - Setelah turun 1,5 poin di Agustus lalu, optimisme konsumen kembali meningkat di September 2017. Hal itu sejalan dengan Indeks Keyakinan Konsumsn (IKK) yang dirilis Bank Indonesia (BI) September yang naik 1,9 poin dibanding bulan sebelumnya.

Hasil survei konsumen dari bank sentral menunjukkan, IKK September naik menjadi 123,8. Kenaikan ini terjadi pada hampir semua kelompok responden, baik responden dengan pengeluaran Rp 2,1 juta-Rp 3 juta per bulan, Rp 4,1 juta-Rp 5 juta per bulan, kelompok usia 20-30 tahun, dan 51-60 tahun.

Meski demikian, kenaikan IKK didorong oleh kenaikan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) terhadap kondisi ekonomi enam bulan ke depan (Maret 2018) sebesar 4 poin. Sementara Indeks Ekonomi Saat Ini (IKE) turun 0,3 poin.

"Terutama akibat tekanan penghasilan konsumen," bunyi laporan hasil survei itu yang dikutip Kontan.co.id dari situs resmi BI, Kamis (5/10).

Adapun pelemahan IKE disebabkan oleh penurunan komponen indeks penghasilan saat ini sebesar 6,7 poin menjadi 114,6 dan terjadi pada hampir semua kelompok responden. "Penurunan terdalam pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran lebih dari Rp 5 juta dan kelompok umur 31-50 tahun," bunyi laporan itu lagi.

Sementara itu, indeks ketersediaan lapangan kerja meningkat 4,2 poin sejalan dengan adanya pembukaan lowongan Calon Pegawai Negari Sipil (CPNS) pada Agustus hingga September 2017. Tak hanya itu, indeks ketepatan waktu pembelian barang tahan lama juga naik 1,5 poin, terutama pembelian barang elektronik seperti telepon selular, televisi, komputer, dan kendaraan bermotor.

Sementara kenaikan IEK mencerminkan konsumen yang semakin optimis terhadap kondisi ekonomi enam bulan ke depan. Kenaikan ini juga didorong oleh seluruh komponen pembentuknya, yaitu indkes ekspektasi ketersediaan lapangan kerja, indeks ekspektasi kegiatan usaha, dan indeks ekspektasi penghasilan.

Untuk diketahui, keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini terus-menerus turun sejak Juli 2017. Padahal pada Januari hingga Juni selalu mencatat kenaikan. Sementara keyakinan konsumen terhadap kondisi enam bulan ke depan hampir selalu naik di sepanjang tahun ini, kecuali bulan Juni dan Agustus 2017

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×