MUI ingatkan masyarakat agar tak konsumtif

Selasa, 23 Mei 2017 | 22:53 WIB Sumber: Antara
MUI ingatkan masyarakat agar tak konsumtif


BANDUNG. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat mengimbau umat muslim menjauhi perilaku konsumtif menjelang dan selama menjalankan ibadah puasa bulan ramadan 1438 Hijriah.

"Kami mengimbau masyarakat agar meminimalkan perilaku konsumtif selama menjalankan ibadah di bulan ramadan dan menjelang Lebaran nanti," kata Ketua MUI Jawa Barat KH Rachmat Syafe'i di Bandung, Selasa (23/5).

Ia meminta masyarakat agar tidak berlebihan dalam membeli barang-barang kebutuhan selama puasa.

"Sehingga masyarakat perlu diberi pengertian antara lain tujuan puasa adalah untuk takwa dan takwa itu harus dipersiapkan antara lain bagaimana sikap kita yang konsumtif padahal puasa itu melatih untuk menahan diri," kata dia.

Menurut dia, dengan mengurangi konsumsi selama ibadah puasa maka diharapkan masyarakat dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan lebih memperbanyak ibadah dan amalan selama ramadan.

Ia mengatakan selain mencapai nilai puasa yang sesungguhnya, menjauhi sikap konsumtif juga akan berdampak pada stabilitas harga pangan karena selama ini masyarakat kerap mengeluhkan lonjakan harga pangan saat ibadah puasa dan Lebaran yang salah satunya karena tingginya konsumsi warga.

"Karenanya kebiasaan di masyarakat perlu diluruskan agar puasa betul-betul mendapat barokah," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya dan para ulama lainnya siap memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk menekan pola hidup konsumtif, termasuk kepada para pedagang agar tidak melakukan kecurangan seperti menimbun barang.

"Tentunya kami akan sosialisasi ke masyarakat dalam ceramah dan pengajian. Itu harus dijelaskan bahwa puasa jangan sampai jadi membuat orang tambah banyak makan," kata dia.

"Juga dilarang menimbun barang karena itu merugikan orang. Kami ingin mendorong bulan puasa menjadi bulan barokah untuk meningkatkan pahala," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan

Terbaru