kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menhan Prabowo meresmikan kehadiran kapal selam buatan dalam negeri Alugoro-405


Rabu, 17 Maret 2021 / 22:43 WIB
Menhan Prabowo meresmikan kehadiran kapal selam buatan dalam negeri Alugoro-405
ILUSTRASI. Kementerian Pertahanan?meluncurkan kapal selam Alugoro-405 buatan industri pertahanan dalam negeri PT PAL Indonesia yang bekerjasama dengan Daewoo


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meresmikan kehadiran kapal selam bernama Alugoro-405 di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (17/3/2021).

Alugoro ini dibangun oleh Kementerian Pertahanan (Kemenhan) melalui perusahaan dalam negeri PT PAL Indonesia (Persero) yang bekerja sama dengan perusahaan Korea Selatan, Daweoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME). Adapun Alugoro ini nantinya akan dioperasikan Komando Armada II (Koarmada) II.

Dalam prosesi penandatanganan berita acara serah terima kapal selam tersebut, Prabowo menilai kehadiran Alugoro-405 sebagai tonggak sejarah. Sebab, untuk kali pertama galangan kapal milik perusahaan nasional, PT PAL, berhasil ikut serta dalam memproduksi kapal selam.

"Kita sadari bersama betapa pentingnya pertahanan kita. Kita sedang membangun kemampuan pertahanan kita," ujar Prabowo dalam keterangan tertulis, Rabu (17/3).

Baca Juga: Airlangga Hartarto datangi Prabowo di Hambalang

"Bukan karena kita ingin gagah-gagahan. Bukan karena kita ingin mengancam siapa pun. Tidak. Berkali-kali, turun termurun dari pendiri bangsa kita, kita tegaskan bahwa bangsa Indonesia cinta damai tapi lebih cinta kemerdekaan," tuturnya.

Di hadapan seluruh tamu undangan, Menhan Prabowo mengatakan bahwa Indonesia harus memilki kekuatan yang cukup untuk menjaga kedaulatan hingga kesatuan dan keutuhan wilayah dari ancaman tentara negara asing.

"Hari ini merupakan selangkah ke depan bagi kita semua untuk membangun tentara kita ke arah yang lebih kuat lagi," ujar dia.

Di samping itu, Prabowo memerintahkan juga memerintahkan seluruh industri pertahanan dalam negeri wajib turut berkontribusi dalam proses peremajaan seluruh alat pertahanan negara.

Mengingat, menurut Prabowo, saat ini banyak alat pertahanan yang sudah dalam kondisi sangat tua dan saatnya diremajakan. Untuk itu, peran dari industri pertahanan akan sangat menonjol.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×