kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menentukan harga sewa properti yang tepat


Rabu, 25 Januari 2017 / 15:25 WIB
Menentukan harga sewa properti yang tepat


Sumber: rumahku.com | Editor: Rizki Caturini

Apakah Anda memiliki properti dan akan disewakan? Memang, untuk pemilik menentukan harga sewa yang pas juga sama susahnya dengan menemukan penyewa yang cocok. Tetapi, ada berbagai macam pedoman dasar yang bisa Anda ikuti untuk membantu proses ini.

Mungkin Anda sendiri bingung bagaimana menentukan harga sewa yang tepat. Jika memberikan harga sewa yang tinggi, pasti akan memberikan keuntungan untuk kita, namun kita tak tahu apakah banyak orang yang tertarik menyewa properti itu atau tidak. Hingga akhirnya, kita akan menunggu orang yang menyewa properti lebih lama karena ketakutan dengan harga yang kita berikan.

Sebenarnya untuk menemukan harga sewa yang pas ada beberapa tipsnya tersendiri. Berikut tips untuk menentukan harga sewa properti.

Lakukan analisa perbandingan

Jika Anda meminta bantuan pada agen real estate, biasanya mereka akan memberikan layanan ini pada Anda, sehingga Anda dapat meminta mereka untuk melakukan perbandingan harga properti. Layanan demikian bisa memberitahu Anda berapa nilai properti yang Anda sewakan serta memberi masukan pada diri Anda saat menentukan harga sewa. Bila memungkinkan, malah Anda bisa memperoleh lebih dari satu penilaian sehingga bisa memperoleh analisa yang akurat.

Lingkungan sekitar

Anda juga harus mempertimbangkan keadaan yang berada di sekitar Anda, contohnya jika properti Anda ini dekat dengan pusat kota atau pusat transportasi. Anda dapat memasukkan faktor ini dalam penentuan harga.  Anda bisa mempertimbangkan hal-hal sepele seperti sikap tetangga paa penyewa rumah, jalan raya yang bising.

Lihat properti yang mirip

Lakukan sebuah riset mengenai harga sewa properti yang mirip. Usahakan Anda memperoleh beberapa buah properti agar bisa mengetahui dengan baik berapa harga yang tepat. Cara ini juga akan membantu Anda untuk lebih yakin memberikan harga.

Biaya yang dikeluarkan

Sebelum menyewakan properti, pasti Anda juga mengeluarkan uang untuk melakukan renovasi, menambahkan beberapa furnitur sebagai daya tarik contohnya seperti tempat tidur dan lemari, menambahkan sedikit peralatan elektronik. Masukkan biaya ini dalam modal Anda. Biasanya properti yang sudah disediakan fasilitas, harganya akan sedikit lebih mahal. 

Rumahku.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×