NASIONAL
Berita
Masyarakat penerima KPS berhak mendapatkan BSM

PENYALURAN BSM

Masyarakat penerima KPS berhak mendapatkan BSM


Telah dibaca sebanyak 450 kali
Masyarakat penerima KPS berhak mendapatkan BSM

JAKARTA. Pemerintah memastikan, setiap warga yang mendapatkan Kartu Perlindungan Sosial (KPS) berhak mendaftarkan anaknya sebagai penerima Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Hanya dengan menunjukkan KPS dan kartu keluarga atau surat keterangan dari Kepala Desa atau Lurah setempat, mereka bisa mendaftarkan anak mereka di sekolah agar mendapat BSM.

Hal itu dikatakan Koordinator Pokja Pengendali Program Bantuan Sosial, Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Sri Kusumastuti Rahayu di Gedung Sekretariat Wakil Presiden, Kamis (22/8).

"Kami berharap agar Rumah Tangga Penerima KPS segera mendaftarkan anaknya ke sekolah atau Madrasah tempat siswa terdaftar untuk mendapatkan manfaat BSM ini," tuturnya dalam acara peluncuran program BSM melalui Skema KPS.

Ia mengatakan, pemerintah telah meluncurkan program BSM kepada 16,6 juta anak usia sekolah dari 15,5 juta Rumah Tangga Miskin (RTM) dan rentan penerima KPS.

Agar bisa mendapatkan bantuan ini, setiap RTM harus memiliki anak usia sekolah (SD,SMP dan SMA). Lalu membawa KPS dan bukti identitas lainnya ke sekolah tempat siswa itu terdaftar.

Kemudian siswa tersebut dicalonkan sebagai penerima BSM. Tanggal pendaftarannya paling lambat 13 September 2013. Setelah mendaftar di sekolah, maka kepala sekolah yang bersangkutan akan membuat rekapitulasi penerima BSM di sekolah masing-masing.

Pada pertengahan Agustus dan akhir September 2013 akan dikeluarkan surat keputusan penetapan penerima program BSM oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama.

Setelah itu, maka pada akhir Agustus dan akhir September atau awal Oktober 2013, dana BSM dapat diambil di lembaga penyalur atau di Bank Pembangunan Daerah (BPD) dengan membawa dokumen pendukung surat pemberitahuan penerima BSM dari kepala sekolah. Bukti lainnya yang harus disertakan adalah akta kelahiran, kartu keluarga, rapor atau ijazah. 

Besaran dana BSM yang akan diterima adalah Rp 225.000 per semester untuk SD/MI, untuk siswa Sekolah Menengah Pertama/MTs sebesar Rp 375.000 per semester dan siswa Sekolah Menengah Atas/SMK/MA sebesar Rp 500.000 per semester.

Editor: Dikky Setiawan
Telah dibaca sebanyak 450 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • Ada ratusan produk, pilih mana?

    +

    Ada sekitar 850 produk reksadana beredar saat ini. Pilihlah yang sesuai dengan gaya investasimu

    Baca lebih detail..

  • Menimbang return reksdana dan investasi lain

    +

    Return reksadana memang ciamik sepanjang tahun ini. Tapi, belakangan muncul gejolak di pasar. Apakah lebih baik mengamankan aset di instrumen aman seperti deposito, atau emas yang harganya sekarang lebih murah?

    Baca lebih detail..