kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Masuknya tokoh HTI, Yusril: Kami tampil beda, PBB paling jelas


Rabu, 18 Juli 2018 / 11:29 WIB
Masuknya tokoh HTI, Yusril: Kami tampil beda, PBB paling jelas
ILUSTRASI. Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra


Sumber: TribunNews.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra, mengatakan, PBB mendapatkan keuntungan dari upaya mereka membela tokoh-tokoh agama Islam.

Salah satu keuntungan itu berupa bergabungnya tokoh-tokoh dari Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Front Pembela Islam (FPI). Selain itu, PBB juga menjadi pilihan dari mantan Kombatan di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam menyalurkan aspirasi politik.

“Kami tampil beda. PBB paling jelas warnanya. Pembelaan, kami kepada islam, pembelaan ke negara jelas. Kami gabungan islam dan nasionalis,” tutur Yusril, saat mendaftarkan caleg dan menyerahkan dokumen pelengkap ke KPU RI di kantor KPU RI, Selasa (17/7).

Dia menjelaskan, bergabungnya eks tokoh-tokoh HTI ke partai politik merupakan fenomena baru. Menurut dia, selama ini, penggiat HTI memilih tidak berpolitik. Namun, di Pemilu 2019 terjadi perubahan.

“Ada banyak calon dari HTI. Ada juga calon dari FPI, Habib Muchsin Alatas. Bekas ketum FPI. Dia maju di Bekasi dan Depok, Jawa Barat. Ada juga di tempat lain, Jateng, Jatim, Kalimantan Selatan juga ada FPI,” kata Yusril.

Selain itu, kata Yusril, mantan kombatan di Aceh juga memilih bergabung dan mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dari PBB.

“Yang penting juga mantan kombatan di Aceh. Mereka yang DPRD biasanya masuk ke partai lokal. Tetapi, mereka untuk DPR Pusat banyak yang masuk ke PBB,” ujarnya.

Dia menambahkan, bergabungnya tokoh HTI, FPI, dan mantan kombatan di Aceh memberikan suasana baru bagi PBB di pemilu ini. Dia menyerahkan, kepada pemilih untuk memilih caleg yang bergabung di partai tersebut.

“Ini memberikan suasana yang baru. HTI tidak pernah berpolitik sekarang masuk PBB. Fenomena baru ada HTI, FPI, dan kombatan Aceh. Itu fenomena baru. Tidak masalah bagi kami, basisnya mereka masih punya konstituen sendiri-sendiri,” tambahnya. (Glery Lazuardi)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Mantan Tokoh HTI dan Eks Kombatan Jadi Caleg dari PBB,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×