kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Luhut Panjaitan beberkan tiga kunci pemulihan ekonomi Bali


Jumat, 09 April 2021 / 10:59 WIB
Luhut Panjaitan beberkan tiga kunci pemulihan ekonomi Bali
ILUSTRASI. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pariwisata menjadi salah satu sektor yang terdampak pandemi Covid-19.  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan pun menyebut ada 3 kunci untuk memulihkan ekonomi Bali.

“Menurut saya, ada tiga kunci recovery ekonomi Bali dalam jangka pendek ini,”  ujar Luhut dalam keterangan tertulis, Kamis (8/4).

Luhut mengatakan, kunci keberhasilan pemulihan Bali dapat terwujud melalui pengendalian kasus Covid-19 yang semakin baik, percepatan proses vaksinasi di Bali sehingga dapat terbentuk herd immunity, serta protokol kesehatan yang ketat.

Dia meyakini tingkat kepercayaan wisatawan domestik pun akan meningkat seiring dengan kasus Covid-19 yang lebih baik. Hal ini pun akan membuat  aktivitas ekonomi kembali normal secara gradual.

Baca Juga: Sektor pariwisata Bali turun, Sri Mulyani: APBN dukung melalui transfer daerah

Dia juga mengatakan, saat ini pemerintah tengah berupaya untuk menarik kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) untuk berpariwisata di Indonesia, khususnya di Bali. Meski begitu, dia memastikan hal ini akan dilaksanakan di bawah protokol kesehatan yang ketat. 

“Perlu dibuat strict protokol kesehatan terutama untuk para wisatawan mancanegara (wisman) yang disepakati dengan negara asal wisman tersebut. Kami memang sedang menjajaki negosiasi dengan beberapa negara untuk membuka travel bubble wisman dengan Bali,” ujar Luhut.

Sementara langka pemulihan ekonomi menengah dan panjang, adalah perlunya pengembangan health tourism serta diversifikasi kepada sektor-sektor di luar pariwisata, seperti sektor kelautan dan budidaya perikanan serta pertanian.

“Sudah ada beberapa investor yang berminat untuk ini. Dengan health tourism yang berkembang, maka length of stay dari wisatawan yang datang akan lebih panjang,” kata Luhut.

Selanjutnya: Kemenperin dukung percepatan industri 4.0 di sektor ILMATE

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×