kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lolos administrasi, capim KPK jalani uji publik


Kamis, 28 Mei 2015 / 22:52 WIB
Lolos administrasi, capim KPK jalani uji publik
ILUSTRASI. Harga Emas Antam dan UBS Hari Ini (15/12) di Pegadaian Kompak Naik. ANTARA FOTO/Yudi/YU


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Juru bicara Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Betti Alisjahbana mengatakan ada beberapa tahapan seleksi yang akan dijalani calon Pimpinan KPK. Salah satunya adalah uji publik.

"Pertama, setelah kandidat lolos seleksi administrasi, kami akan publikasikan ke masyarakat. Publik bisa ikut melakukan seleksi, dan memberi tanggapan kepada calon selama satu bulan," ujar Betti, dalam talk show Kompas Kampus, di Balairung Universitas Indonesia, Depok, Kamis (28/5).

Menurut Betti, dalam waktu 30 hari itu, masyarakat diberikan kesempatan untuk memberi pendapat mau pun rekomendasi tentang para calon Pimpinan KPK kepada Pansel. Ia mengatakan, Pansel mengimbau agar masyarakat yang mengetahui latar belakang para calon, memberitahukan informasi yang dianggap penting.

Natalia Subagyo, salah satu anggota Pansel KPK, mengatakan, seleksi calon Pimpinan KPK tidak hanya menjadi tanggung jawab panitia seleksi. Menurut dia, masyarakat memiliki andil untuk membentuk KPK agar diisi oleh orang-orang yang tepat.

"Saya kira tidak mudah. KPK bukan milik kami, tapi kita semua sebagai suatu bangsa. Kita tidak bisa beri jaminan apa pun, tapi kami percaya masyarakat cukup cerdas. Mereka ikut mengkritisi KPK selama ini," kata Natalia.

Selain seleksi administrasi dan uji publik, masih ada beberapa tahapan seleksi yang akan dijalani para calon Pimpinan KPK. Beberapa di antaranya, tahapan penelaahan makalah, tes psikologi, serta wawancara dan penelusuran mendalam bagi calon-calon yang sudah masuk dalam daftar pendek calon Pimpinan KPK. (Abba Gabrillin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×