: WIB    —   
indikator  I  

Lewat PINA, 3 proyek disodorkan ke investor asing

Lewat PINA, 3 proyek disodorkan ke investor asing

JAKARTA. Skema Pembiayaan Investasi Non-Anggaran Pemerintah (PINA) mulai dilirik investor asing. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro menyatakan, pemerintah tengah menyodorkan tiga proyek investor asing tersebut.

Bambang menyatakan, tiga proyek yang disodorkan ke investor asing antara lain, proyek jalan tol, pembangkit listrik dan tangki penimbunan bahan bakar minyak (oil storage).

"Untuk sementara, fokus di tiga proyek itu," kata Bambang, Kamis (27/4).

Dia bilang pemerintah melakukan pendekatan melalui equity financing. Namun ia bilang, pemerintah tengah mencari instrument baru yang bisa membuat dana jangka panjang yang masuk lebih nyaman masuk ke infrastruktur.

"Jadi sebelum mereka (investor) masuk langsung ke infrastruktur, mereka dapat masuk (investasi) secara tidak langsung tapi tetap mendatangkan return buat mereka," jelas Bambang.

Nah untuk investor asing yang tengah mengincar masuk berinvestasi melalui skema PINA, kata Bambang sudah ada beberapa negara yang menyatakan minatnya, salah satunya yang sudah pasti ikut skema PINA ialah Kanada. Tapi kata Bambang, para investor asing ini hanya berminat pada proyek yang sudah berjalan (full operating).

"Utamanya Kanada yang akan masuk, tapi yang negara lain pun sangat terbuka kemungkinannya," kata Bambang.

 


Reporter Ramadhani Prihatini
Editor Sanny Cicilia

PENANAMAN MODAL ASING

Feedback   ↑ x