KPU sudah pilih empat panelis untuk debat pilkada

Jumat, 20 Januari 2017 | 14:35 WIB Sumber: Kompas.com
KPU sudah pilih empat panelis untuk debat pilkada


JAKARTA. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Sumarno, mengemukan alasan tidak dimunculkannya para panelis dalam debat pertama pasangan cagub-cawagub DKI Jakarta pada Jumat pekan lalu. Menurut Sumarno, hal tersebut berkaitan dengan aturan yang ada.

"Kalau itu memang ada aturan di dalam keputusan KPU, petunjuk teknis pelaksanaan," ujar Sumarno di Kantor KPU DKI, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Jumat (20/1).

Sumarno mengatakan, panelis bertugas untuk menyusun daftar pertanyaan sesuai tema debat. Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan disampaikan oleh moderator kepada pasangan cagub-cawagub saat debat berlangsung.

"Panelis itu tim penyusun materi, jadi menyiapkan materi. Nanti kemudian yang mengajukan pertanyaan itu moderator," kata dia.

Menurut Sumarno, KPU DKI mulanya ingin para panelis menyampaikan langsung pertanyaan kepada pasangan cagub-cawagub. Namun, hal tersebut terbentur aturan.

"Pernah kami mengusulkan supaya panelis langsung bertanya, tapi memang KPU RI ketentuannya seperti itu, ya sudah ngikutin aja," ucap Sumarno.

Dalam debat pertama, KPU DKI memilih empat orang panelis. Mereka adalah sosiolog Universitas Indonesia Imam B Prasodjo, Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta Aceng Rahmat, pengamat perkotaan Universitas Trisakti Yayat Supriatna, dan Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Enny Sri Hartati.

Di awal acara, moderator Ira Koesno hanya menyebutkan keempat panelis tersebut. Namun, para panelis tidak langsung memberikan pertanyaan kepada mereka.

KPU DKI Jakarta juga telah memilih empat orang panelis dalam debat kedua yang akan berlangsung pada Jumat (27/1) pekan depan. Namun, Sumarno belum mengungkapkan identitas mereka.

"Empat orang, yang jelas bukan yang kemarin. Nanti kami umumkan pada waktu yang tepat," kata Sumarno. (Nursita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru