kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KPR gunakan BPJS Ketenagakerjaan? ini tipsnya


Rabu, 22 Maret 2017 / 16:35 WIB
KPR gunakan BPJS Ketenagakerjaan? ini tipsnya


Sumber: rumahku.com | Editor: Rizki Caturini

Memiliki rumah sendiri memang sekarang menjadi mimpi terbesar bagi banyak orang. Harga yang terus membubung tinggi membuatnya semakin lama semakin tidak terbeli. Sebenarnya, jika Anda memiliki Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK), Anda bisa menggunakannya untuk mempermudah memiliki rumah. 

Fasilitas dari BPJS TK memiliki nama PUMP atau Pemberian Uang Muka Perumahan. Pemberian ini ditujukan agar mempermudah Anda yang telah tergabung sebagai peserta agar memiliki rumah menggunakan cara Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Ada berbagai macam keuntungan yang bisa Anda peroleh menggunakan program ini.

Memperoleh pinjaman uang muka

Pinjaman uang muka diberikan untuk Anda yang tidak mempunyai uang muka untuk melakukan pembelian rumah secara kredit atau KPR. Bantuan dalam bentuk uang muka ini diberikan untuk Anda yang mempunyai penghasilan di bawah Rp 4 juta. Dengan kata lain, layanan ini dikhususkan untuk masyarakat yang memiliki penghasilan rendah.

Bantuan kredit

Bantuan ini dibagi menjadi 2 yakni subsidi serta non subsidi. Untuk KPR subsidi, sengaja diberikan dengan harga rumah yang sesuai dengan ketentuan dari pemerintah. Maksimal pembiayaan sebesar 99%, dan suku bunga 3%. 

Tertarik mengajukan kredit ini? Jika Anda tertarik untuk mengajukan kredit ini, ada berbagai persyaratan yang harus Anda penuhi, seperti:

1. Terdaftar menjadi anggota BPJS TK. Anda yang ingin mengajukan program ini harus terdaftar di BPJS TK minimal selama satu tahun,
2. Besarnya pinjaman. Program ini ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah, namun bukan berarti Anda yang memiliki gaji menengah tidak dapat menggunakan manfaatnya. Alokasi bantuan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan bergaji menengah berbeda jumlahnya.
3. Bunga cicilan. Bunga pinjaman uang muka dari program ini lumayan ringan karena hanya berada di angka 6%. Ini jauh lebih murah jika dibandingkan dengan pinjaman bank.
4. Syarat pengajuan. Jika Anda ingin mengajukan program ini, Anda harus menyiapkan surat meterai yang menyatakan belum mempunyai rumah, dan perusahaan tempat Anda bekerja bersedia bertanggungjawab dengan pengurusannya.
5. Lama cicilan. Jika aplikasi Anda disetujui, Anda dapat mencicil dana pinjaman maksimal selama 15 tahun.  

Rumahku.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×