kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kotak hitam pesawat Sriwijaya Air ditemukan, begini kronologinya


Selasa, 12 Januari 2021 / 19:01 WIB
Kotak hitam pesawat Sriwijaya Air ditemukan, begini kronologinya
Petugas KNKT membawa Kotak hitam (black box) pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ182 Jakarta - Pontianak di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (12/1/2021).


Sumber: Kompas.com | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menjelaskan kronologi temuan perangkat flight data recorder (FDR) yang menjadi bagian dari black box atau kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ 182. 

Panglima TNI mengatakan, sebelumnya Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono melaporkan, FDR sudah ditemukan tim penyelam sekitar pukul 14.00 WIB di perairan antara Pulau Laki dan Pulau Lancang. 

Namun, setelah diangkat ke permukaan, ternyata penemuan awal tersebut baru berupa pecahan perangkat FDR. Panglima TNI pun memerintahkan KSAL kembali melakukan pencarian terhadap bagian kotak hitam itu. 

"Saya sampaikan kepada KSAL agar terus dicari FDR yang kemungkinan besar masih di wilayah yang menjadi perkiraan sebelumnya," ujar Panglima TNI dalam konferensi pers, Selasa (12/1). 

Setelah keluar instruksi pencarian lanjutan, tim penyelam kemudian bergegas kembali melakukan operasi pencarian di sekitar titik temuan awal. 

Baca Juga: KNKT duga mesin Sriwijaya Air SJ 182 masih hidup sebelum membentur air

Tak kurang dari tiga jam berikutnya, usaha penyelam pun membuahkan hasil. FDR yang dicari akhirnya ditemukan. "Pukul 16.40, KSAL melaporkan kembali bahwa FDR sudah ditemukan," kata Hadi. 

Tetapi, tim SAR gabungan masih mempunyai tugas berikutnya, melakukan pencarian terhadap perangkat cockpit voice recorder (CVR) yang juga menjadi bagian dari kotak hitam. 

Informasi saja, kotak hitam terdiri dari dua perangkat, CVR atau perangkat percakapan dalam kokpit pesawat dan FDR yang berisikan rekaman data penerbangan. 

"Kami meyakini flight voice recorder akan ditemukan (di lokasi) sekitar itu, maka dengan keyakinan tinggi, cockpit voice recorder juga akan segera ditemukan," sebut Panglima TNI.

Penulis: Achmad Nasrudin Yahya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kronologi Penemuan FDR Kotak Hitam Sriwijaya Air SJ 182..."

Selanjutnya: Menhub minta Jasa Raharja percepat pencairan santunan korban Sriwijaya Air

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×